Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Jun 2020 18:45 WIB

TRAVEL NEWS

Australia dan Hewan Paling Bahagia di Bumi

Bonauli
detikTravel
Chris Hemsworth Selfie dengan Quokka
Foto: (Instagram/chrishemsworth) Chris Hemsworth Selfie dengan Quokka
Jakarta -

Australia memang punya banyak hewan endemik populer, salah satunya adalah quokka. Julukannya hewan paling bahagia. Kok bisa sih jadi hewan paling bahagia di dunia?

Begitu bertemu dengan mamalia kecil ini, kamu akan langsung mengerti. Quokka ini sangat suka tersenyum.

Habitat asli quokka adalah Pulau Rottnest, Australia. Dulu pulau ini pertama kali ditemukan oleh kapten kapal Belanda, Willem de Vlamingh pada tahun 1696.

Quokka on Rottnest IslandQuokka di Rottnest Island Foto: (Tourism Western Australia)



Selama 6 hari, sang kapten menemukan banyak 'big rat' alias quokka. Julukan big rat diberikan karena quokka lebih mirip tikus tapi sebesar kucing.



Dari situ pulau ini diberi nama rat nest atau sarang tikus. Kemudian nama tersebut berubah menjadi Rottnest. Ini mengapa quokka tak ditemukan di tempat lain di Australia.

Quokka termasuk hewan liar dan hidup berdampingan dengan manusia. Satwa ini sangatlah jinak. Saking jinaknya, quokka mudah untuk diajak selfie. Chris Hemswort saja pernah selfi bareng quokka, lo.

Quokka, hewan endemik Australia di Rottnest IslandRottnest Island Foto: Sri Anindiati Nursastri/detikTravel



"Quokka bisa diajak selfie dengan #quokkaselfichallange. Mereka bisa ditemukan di seluruh Pulau Rottnest," cerita Agitya Nuraini, Country Manager Tourism Australia dalam Live Instagram.

Tahun lalu quokka yang didata berjumlah sekitar 12.000 ekor. Namun quokka terus mengalami penurunan dan masuk dalam daftar hampir terancam punah.



"Dari Perth kamu bisa naik fery sekitar 1 jam," jelasnya.

Untuk berkeliling pulau, traveler bisa menyewa sepeda seharian. Tetap hati-hati saat bersepeda, karena The Happiest Animal on The Planet ini bertebaran di mana-mana.



Simak Video "China Tangkap Jurnalis Australia, Tuduhan Bahayakan Keamanan Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA