Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 06 Jun 2020 18:27 WIB

TRAVEL NEWS

Tunisia Buka Area Publik, Warga Bisa Ngopi-Ngopi Lagi

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Tunisia. Djerba island. Guellala village
Wisata Tunisia (Getty Images/iStock)
Tunis -

Kasus Corona yang semakin menurun membuat Tunisia kembali membuka beberapa area publik. Warganya melampiaskan dengan nongkrong di kafe.

Dikutip dari Arab News oleh detikcom, Sabtu (7/6/2020), warga Tunisia telah kembali ke masjid dan kafe-kafe mulai tengah pekan lalu, tepatnya Kamis (4/6). Mereka senang bisa kembali berkumpul bersama teman-teman, termasuk duduk sambil menikmati secangkir kopi di cafe-cafe di kota itu.

Termasuk, salah satu pengunjung Cafe Brazil di distrik Ibn Khaldoun, Tunis, seorang guru Nizar Jamal.

"Kami kembali menghirup udara kehidupan, kami sangat merindukan aroma kopi," kata Nizar.

Tunisia memang menutup perbatasan internasional dan menghentikan semua mobilitas antarkota sekaligus menutup masjid, toko, sekolah, kafe dan restoran. Selain itu, Tunisia juga menerapkan jam malam dan melarang orang-orang meninggalkan rumah pada siang hari.

Di salah satu distrik di ibu kota Tunisia, Tunis lainnya, Menzah 9, seorang pemilik kafe bernama Mahmoud lega karena dia bisa membuka kafenya lagi. Banyak pekerjanya yang terkena dampak dari penutupan kafe ini.

"Kafe ini menyediakan pekerjaan untuk 20 keluarga. Kami telah banyak menderita karena berhenti bekerja selama tiga bulan dan kami berharap untuk menebusnya segera," kata Mahmoud.

Pemerintah Tunisia mengumumkan langkah-langkah kompensasi untuk membantu bisnis dan keluarga yang membutuhkan karena terdampak dari virus Corona. Pemerintah telah menyetujui paket bantuan dari Dana Moneter Internasional.

Sekolah akan tetap ditutup bagi sebagian besar siswa hingga awal tahun ajaran baru pada bulan September. Pemerintah masih membatasi pertemuan di rumah-rumah dan terus memperingatkan untuk memakai masker. Untuk perbatasan Internasional akan dibuka kembali pada akhir Juni

Tunisia sangat menunjukkan perubahan yang baik dalam kasus virus Corona. Bahkan, sempat tak memiliki penambahan kasus dalam tiga hari.

Kini kasus Corona di Tunisia telah mencapai 1.087 dengan 965 warga sembuh dan 49 Meninggal dunia. Sangat jauh jika dibandingkan dengan negara tetangganya, Algeria yang telah mencapai hampir 10.000 kasus.



Simak Video "Dubes Tunisia Sambangi KPK, Ada Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA