Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Jun 2020 20:43 WIB

TRAVEL NEWS

Tawangmangu Trending, Bupati Karanganyar: Warga Rindu Alam

Andika Tarmy
detikTravel
Wisata Relaksasi di Rumah Atsiri Tawangmangu
Rumah Atsiri Tawangmangu (Foto: Rumah Atsiri Indonesia)
Karanganyar -

Hashtag #Tawangmangu menggema di jagad Twitter seiring membeludaknya pengunjung di kawasan wisata Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, akhir pekan kemarin. Bupati Karanganyar Juliyatmono, melihat fenomena ini sebagai potret kerinduan masyarakat untuk berwisata usai sekian lama terbatasi oleh pandemi Corona (COVID-19).

"Saya membacanya, artinya memang mereka rindu situasi melihat alam, sejuk, hijau. Mungkin juga ada faktor kejenuhan, selama ini banyak yang di rumah, juga masih libur pasca lebaran, dan seterusnya," ujar Yuli, panggilan akrabnya, saat dihubungi detikcom, Senin (8/6/2020).

Meski mengaku siap menerapkan new normal di Karanganyar, Yuli menegaskan pihaknya belum membuka satupun obyek wisata di kawasan Tawangmangu. Lonjakan pengunjung ini, dilihatnya sebagai hal yang lazim seiring dilonggarkannya pembatasan di wilayah tersebut.

"Saya melihatnya ini alamiah. Ada kewajaran karena memang relatif sejuk udaranya, masih menjadi pilihan orang untuk menenangkan pikiran. Cuma memang belum kita izinkan obyek-obyek wisata untuk buka," kata dia.

Menurut Yuli, trendingnya kawasan wisata Tawangmangu dibanding kawasan wisata daerah lain, juga bisa dipicu dari sisi keamanan. Karena hingga kini, lanjutnya, kawasan Tawangmangu adalah zona hijau karena belum ada warga yang terpapar COVID-19.

"Bisa saja semua yang datang itu yakin bahwa di sini juga tidak terlalu berisiko terhadap penularan COVID-19. Karena memang sampai hari ini Tawangmangu sendiri masih dalam zona hijau, tidak ada satupun yang terkonfirmasi. Saya justru berterimakasih karena ini bagian dari promosi," terang Yuli.

Perketat Pengawasan

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pengelola Wisata Grojogan Sewu Terapkan Protokol Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA