Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Jun 2020 15:20 WIB

TRAVEL NEWS

Keunikan dan Terancamnya Harimau Siberia, Si Raja Kucing

Harimau Siberia
Harimau Siberia (Foto: CNN)
Jakarta -

Harimau Siberia dianggap sebagai jenis harimau terbesar dan bisa dibilang sebagai rajanya. Tapi, habitatnya kini sedang diserang.

Diberitakan CNN, harimau Siberia dikenal juga dengan nama harimau Amur. Harimau adalah anggota terbesar dari keluarga kucing.

Di antara enam subspesies harimau yang diakui, dua yang terbesar adalah harimau Siberia Rusia dan harimau Bengal India.

Rata-rata harimau Siberia dan Bengal memiliki berat sekitar 170 kilogram. Bandingkan dengan subspesies harimau terkecil, harimau Sumatera, yang hanya berbobot seperti manusia dewasa.

Beberapa harimau Siberia jantan dilaporkan memiliki berat seberat 300 kilogram. Tapi catatan sejarah itu bisa saja dilebih-lebihkan.

"Ternyata rata-rata berat harimau Bengal mungkin sedikit lebih besar dari Siberia. Gagasan bahwa harimau Siberia adalah jenis terbesar tidak benar," kata John Goodrich, kepala ilmuwan dan direktur senior program harimau di Panthera, organisasi konservasi kucing liar global.

"Sebagian laporan sejarah tentang besarnya harimau Siberia berasal dari pemburu Rusia 100 tahun yang lalu. Sebenarnya hewan-hewan itu tidak pernah benar-benar ditimbang dan tidak ada yang membuktikannya," imbuh dia.

Berat rata-rata harimau Siberia dan Bengal akan sama jika ditimbang di musim panas. Tetapi di musim dingin, ceritanya akan berbeda karena berat dan besar harimau Siberia akan melebihi si Bengal.

Harimau Siberia menumbuhkan bulu yang tebal di musim dingin. Fenomena ini memungkinkan mereka untuk bertahan hidup dalam suhu beku di timur jauh Rusia. Suhu terpanas di musim dingin bisa turun hingga -50 derajat Celcius.

Berbulu tebal dan berbadan gemuk, harimau Siberia memakan mangsa besar beberapa kali seminggu. Sekali makan, harimau ini dapat menghabiskan daging seberat 40 kilogram.

Lidah harimau sangat kasar yang memungkinkan mereka melepas daging dari tulang. Paparan ini dijelaskan oleh Tara Pirie, seorang ahli zoologi dan peneliti postdoctoral di University of Reading.

Sekitar 85% dari makanan harimau Siberia terdiri dari babi hutan, rusa merah dan rusa sika. Jadi para konservasionis yang melindungi harimau di Rusia juga melindungi rusa dan babi.

Harimau Siberia dan mangsanya membutuhkan lahan luas agar bisa beranak pinak di alam liar. Harimau Siberia pada dasarnya adalah hewan soliter, terpisah dari betina yang merawat anak-anaknya, dan mereka masing-masing membutuhkan habitat seluas 160-281 kilometer persegi.

Oleh karena itu cadangan kawasan terlindung terbesar di Rusia hanya mampu menampung 10 hingga 15 harimau betina, menurut Wildlife Conservation Society.

Meski hidup sendiri-sendiri, harimau betina dan jantan terkadang masih berbagi mangsa dan tetap berkomunikasi secara teratur. Mereka bersuara dengan frekuensi rendah dan tak bisa didengar manusia dan mereka bisa mencium aroma tanah.

Harimau liar dalam kesulitan...

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA