Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Jun 2020 19:07 WIB

TRAVEL NEWS

Anjungan Jatim TMII Dibuka Lagi, Belum Ada Pagelaran Seni

Putu Intan
detikTravel
Persiapan New Normal TMII
Pintu masuk Anjungan Daerah Jawa Timur TMII (Foto: Putu Intan/detikcom)
Jakarta -

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) kembali membuka sejumlah wahana yakni anjungan daerah, taman-taman, dan museum mulai 20 Juni 2020. Salah satu wahana yakni Anjungan Daerah Jawa Timur sudah siap menyambut wisatawan dengan protokol kesehatan.

Ketika detikcom berkunjung ke TMII pada Kamis (18/6/2020), Anjungan Daerah Jawa Timur sudah dilengkapi dengan fasilitas yang sesuai dengan protokol kesehatan. Di pintu masuk anjungan disediakan 3 wastafel lengkap dengan sabun supaya wisatawan dapat mencuci tangan. Di depan gerbang juga ada penanda antrean yang memisahkan pengunjung dengan jarak satu meter satu sama lain.

Sebelum masuk, wisatawan juga akan dicek suhu tubuhnya menggunakan thermo gun oleh petugas. Wisatawan dengan suhu di atas 37,5 derajat celcius tidak diperkenankan untuk masuk.

"Kita lihat dari thermo gun suhunya lebih dari 37,5 itu kita persilakan untuk istirahat dulu, barangkali karena kepanasan, kami persilakan istirahat, berteduh dulu, biasanya kalau kondisi capek dan kepanasan suhunya bisa naik. Bila suhu normal, baru boleh masuk," kata Kepala Anjungan Daerah Jawa Timur, Samad Widodo.

Persiapan New Normal TMIIWastafel di dalam kawasan Anjungan Daerah Jawa Timur. Foto: Putu Intan/detikcom

Memasuki kawasan anjungan, terlihat pula sejumlah wastafel lainnya di sejumlah titik dengan bentuk unik misalnya berupa gentong air yang juga sudah dilengkapi dengan sabun. Selain itu di rumah-rumah adat juga dilengkapi dengan hand sanitizer untuk wisatawan.

Pada pembukaan ini, Anjungan Daerah Jawa Timur hanya akan menerima kunjungan 50 persen dari kapasitas normal. Para petugas juga disiagakan untuk menegur wisatawan yang kedapatan berkerumun.

"Kita tidak memperbolehkan banyak orang yang berkunjung ke sini. Biasanya 300 orang boleh masuk ke sini, tapi ini kita batasi 50 persen jadi sekitar 150 kita batasi melalui penghitungan yang masuk berapa, yang keluar berapa, jadi selisihnya itu jangan melewati 150 orang. Kalau sudah 150, kami persilahkan untuk ke tempat anjungan lain," ujar Samad.

Selain membatasi jumlah pengunjung, untuk mencegah penyebaran COVID-19, Anjungan Daerah Jawa Timur juga untuk sementara menghentikan pagelaran seni sejak pertengahan Maret 2020. Padahal biasanya setiap minggu selalu ada pagelaran yang senimannya langsung didatangkan dari berbagai daerah di Jawa Timur. Pageralan ini diganti dengan penayangan video throne.

"Sudah kita siapkan video throne untuk tampilan kesenian, video profil seluruh jawa timur nanti kita siapkan di situ, nanti kita kasih tempat duduk juga yang berjarak," kata Samad.

Persiapan New Normal TMIIBangku di Anjungan Daerah TMII ditandai agar pengunjung tetap menjaga jarak. Foto: Putu Intan/detikcom

Samad mengatakan, bila kondisi sudah berangsur normal, pagelaran akan diadakan kembali namun penontonnya dibatasi hanya 150 orang dan masuk menggunakan sistem undangan. Nantinya semua penonton akan duduk di kursi yang sudah diberi jarak aman dan disediakan pula layanan live streaming yang bisa dilihat dari luar anjungan.

"Insyaallah nanti September kalau sudah normal, kita gelar tapi dengan protokol kesehatan juga. Pengunjung harus undangan khusus, kalau bukan undangan tidak boleh masuk,"pungkas Samad.



Simak Video "TMII Dibuka, Sejumlah Pengunjung Gunakan Face Shield"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA