Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 20 Jun 2020 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Strategi Badan Otorita Borobudur Hadapi New Normal

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
PT TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko melakukan simulasi penerapan protokol kesehatan sebelum kembali dibuka. Simulasi itu akan dilakukan sebanyak 3 kali.
Persiapan New Normal di Borobudur (Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Magelang -

Memasuki new normal, Badan Otorita Borobudur telah siap dengan sejumlah penyesuaian baru. Tak hanya itu, strategi juga telah disiapkan.

Selain Bali dan Jakarta, Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah merupakan salah satu yang sedang bersiap memasuki New Normal. Diketahui, pihak PT Taman Wisata Candi Borobudur (TWC) telah melakukan persiapan New Normal bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo beberapa waktu lalu.

Kesiapan itu pun kembali dijelaskan oleh Bisma Jatmika, Direktur Industri dan Kelembagaan Badan Otorita Borobudur (BOB) saat webinar Pariwisata dan Adaptasi Tatanan Baru yang diselenggarakan oleh GENPI Nasional, Jumat lalu (19/6/2020).

"Tentunya Badan Otorita Borobudur akan mengikuti arahan Pemerintah dalam menghadapi New Normal, CHS (Clean, Healthy, Safety) dan kebijakannya. Kami akan mengikuti dan saat ini teman-teman di industri mulai mengaktivasi lagi destinasi walau kita bertahap. Di Jateng baru Candi Borobudur, PT TWC mencoba simulasi dengan hati-hati," ujar Bisma.

Melihat trend yang ada, Bisma pun menangkap peluang dari wisatawan domestik yang akan lebih dulu bisa berwisata kembali. Untuk itu, penanganan khusus juga telah disiapkan.

"Teman-teman di industri merasa kita bisa rebound dengan turis lokal, tapi harus mempersiapkan bagaimana menerima turis lokal. Karena kalau saya perhatikan traveler akan menjangkau destinasi dengan kendaraan pribadi (Trans Jawa), kedua daya beli dari wisatawan kita," Bisma menjelaskan.

Untuk menyambut wisatawan lokal, pihak BOB juga telah merancang wisata yang bertema tematik. Misalnya, keliling desa wisata dan lainnya di kawasan Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar).

"Setelah COVID, Tematik Experience based kita akan lanjutkan. Tur seperti itu dengan industri kita akan coba aktivasi tur di Joglosemar," kata Bisma.

Agar lebih aman, pihak PT TWC juga akan membatasi jumlah pengunjung per hari menjadi sekitar 5 ribu orang maksimal sesuai protokol kesehatan. Namun, belum ada tanggal pasti untuk pembukaan kembali Candi Borobudur.



Simak Video "Kembali Bekerja dan Tetap Sehat di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA