Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Jun 2020 11:12 WIB

TRAVEL NEWS

Dari 700 Wisata Jateng, Baru Candi Borobudur yang Siap Sambut Turis

Eko Susanto
detikTravel
Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, Sinoeng N Rachmadi
Sinoeng N Rachmadi (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Jawa Tengah memiliki sekitar 700-an daya tarik wisata. Sampai saat ini baru Candi Borobudur di Kabupaten Magelang yang mengajukan izin untuk kembali buka.

"Untuk daya tarik wisata di Jawa Tengah kurang lebih sekitar 700 daya tarik wisata, yang sudah melaporkan kepada kami untuk dibuka baru Borobudur. Sementara yang lainnya sedang mempersiapkan untuk simulasi," kata Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, Sinoeng N. Rachmadi di Candi Borobudur, Rabu (24/6/2020).

Simulasi tersebut kebanyakan akan dilakukan pada akhir bulan ini seperti Taman Wisata Guci di Kabupaten Tegal, Baturaden (Banyumas), Taman Wisata Tawangmangu (Karanganyar). Selain itu, seperti Dieng, kemudian daya tarik di Pati dan Surakarta juga sedang mempersiapkan simulasi.

"Yang sudah melaporkan kepada kami adalah persiapan simulasi nanti pada akhir Juni ini adalah Taman Wisata Guci di Slawi, Kabupaten Tegal, kemudian Baturaden, Taman Wisata Tawangmangu. Sedangkan tempat atau daya tarik wisata yang lainnya seperti Dieng, Surakarta, di Pati dan sebagainya sedang dalam persiapan simulasi," katanya.

Sinoeng menambahkan, para pengelola daya tarik wisata sepakat setelah melakukan simulasi akan mengajukan izin kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 setempat dan memberitahukan kepada provinsi. Setelah dievaluasi, nantinya baru melakukan uji coba dibuka.

"Seluruh pengelola daya tarik wisata sepakat untuk melakukan self assessment dalam rangka simulasi. Setelah simulasi mereka akan mengajukan izin kepada Gugus Tugas COVID-19 setempat dan memberitahukan kepada provinsi, baru setelah dievaluasi melakukan uji coba juga melakukan izin dan dievaluasi. Inilah yang dilakukan oleh Borobudur, harapannya selalu menginspirasi bagi daya tarik wisata dengan tahapan-tahapan," ujar Sinoeng.

Sementara itu, Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), Edy Setijono mengatakan, untuk masa uji coba pembukaan operasional Candi Borobudur dibuka mulai pukul 08.00 sampai pukul 16.00 WIB. Nantinya, ada istirahat antara pukul 12.00 sampai 13.00 WIB.

"Untuk masa uji coba ini, kita akan buka mulai jam 08.00 sampai 16.00. Nah kita akan ada break jam 12.00-13.00. Saya kira break ini, memudahkan kita juga sekaligus kontrol fasilitasnya karena kemarin fasilitas ini belum pernah dipakai dalam jumlah banyak," kata Edy.



Simak Video "Sambil Bersepeda, Ganjar Sidak Tempat Makan di Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA