Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 27 Jun 2020 17:20 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Alasan Kenapa Makam di Madiun Dicat Warna-warni

Sugeng Harianto
detikTravel
Ada makam warna-warni di Kota Madiun. Kesan seram dari makam itu hilang seketika dan kiri malah menjadi tempat berfoto ria.
Makam warna-warni di Madiun yang viral (Sugeng Harianto/detikcom)
Madiun -

Sebuah makam di Madiun mendadak viral karena nisannya dicat warna-wani. Ternyata, ini alasan di baliknya.

Makam Umum Dukuh Nguwot, Kelurahan Tawangrejo Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun menjadi perbincangan karena penuh warna warni. Warga menyulap sebuah makam yang dulunya seram dan langganan banjir menjadi penuh warna-warni itu sejak tiga bulan terakhir.

"Ini sudah sejak Maret dilakukan pengecatan oleh warga gotong royong. Alhamdulillah ini dulunya memang terkesan seram gelap dan langganan banjir kini berubah indah dengan warna warni makamnya," terang Gunawan (66), Penasehat Pengurus makam Dukuh Nguwot Kelurahan Tawangrejo, kepada detikcom di pemakaman, Sabtu (27/6/2020).

Awal mula dilakukan pengecatan Makan Umum Dukuh Nguwot, kata Gunawan yakni termotivasi adanya lomba kebersihan lingkungan di tingkat kecamatan Manguharjo. Saat itu pada 23 Maret 2020 tim penilai memberikan juara pertama ke makam warna warni tersebut.

"Ini kita gotong royong dengan warga untuk pengecatan pada Maret karena ada lomba kebersihan lingkungan tingkat kecamatan juara pertama. Selain itu tujuan kita juga agar tidak terkesan seram" katanya.

Demi bisa tampil modis, mahasiswi ini nekat menjadi pembobol ATM. Ia berkomplot dengan dua pria lainnya yang kini juga sudah diringkus.Makam ini tengah viral dan mencuri perhatian (Sugeng Harianto/detikcom)

Gunawan mengatakan, perlombaan yang menang di tingkat kecamatan itu, berlanjut mewakili lomba di tingkat kota Madiun pada April 2020 dan kembali meraih juara pertama. Ide makam warna-warni ini, semua dari warga yang semangat untuk menang dalam lomba agar dukuhnya maju.

"Kita tidak mengira kalau dapat juara satu tingkat kota Madiun, lomba kebersihan makam, mulai Maret 2020 tingkat Kecamatan penilaian tanggal 23 menang juara pertama. Kemudian mewakili Kecamatan perlombaan tingkat Kota Madiun pada 22 April alhamdulillah juara pertama lagi," paparnya.

Gunawan mengatakan, saat itu lomba kebersihan lingkungan makam di gerakan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) kota Madiun. "Dulu Dinas Perkim yang mencanangkan lomba kebersihan makam. Semua ide warga sendiri dan biaya juga swadaya masyarakat," ujar Gunawan.

Gunawan menambahkan, sebenarnya warna indah makan pada saat bulan Maret lalu. Warga tidak mengira baru viral saat ini yang padahal warna cat sudah mulai pudar.

"Ini padahal indahnya saat masih baru di cat dulu dan ini sudah pudar. Tidak seberapa ini," tandasnya.

Di lokasi makam seluas 1500 meter persegi berpagar tembok keliling setinggi sekitar dua meter. Pada dinding tembok juga tampak di hias cat bergambar aneka bunga warna warni.

Di sebelah pinggir kiri dari gerbang utama juga ada jalan paving dengan lebar sekitar dua meter berwarna merah. Di tengah makam juga ada gazebo di sebuah makam tampak warna merah gentingnya.



Simak Video "Makam Seram di Kota Madiun Penuh Warna-warni dan Jadi Tempat Selfie"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA