Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 28 Jun 2020 16:45 WIB

TRAVEL NEWS

7 Fakta Viralnya Kolam Renang yang Sementara Jadi Kolam Lele

elk
detikTravel
Kolam renang di Gunungputri Bogor jadi kolam lele.
Foto: Fun Park Vila Nusa Indah (Sachril Agustin B/detikcom)
Jakarta -

Salah satu kolam renang di Bojong Kulur, Bogor menjadi viral karena dimanfaatkan menjadi ternak lele. Begini faktanya.

1. Sudah Berdiri Selama Puluhan Tahun

Berdasarkan informasi yang didapat dari mantan karyawan Kolam renang Fun Park Vila Nusa Indah, wisata ikonik di Komplek Vila Nusa Indah, Bojong Kulur, Bogor ini telah berdiri sejak sekitar tahun 1997. Bahkan salah satu karyawan sudah bekerja selama 20 tahun.

2. Jumlah pengunjung mencapai 1000 orang saat weekend

Kolam renang Fun Park Vila Nusa Indah menjadi wisata favorit bagi warga radius wilayah sekitar Jati Asih dan Gunung Putri, wisata ini dianggap yang paling strategis dan bagus.

Kala libur sekolah, kolam renang ini ramai didatangi anak-anak. Bahkan saat weekend, jumlah pengunjung bisa mencapai 1000 orang. Tak jarang guru-guru olah raga di sekolah dasar sekitar kolam renang mengajak anak murid mereka.

3. Sempat Dilanda Banjir, Lalu COVID-19

Pada Januari lalu, banjir melanda kolam renang fun park yang menyebabkan airnya luber. Hal ini membuat para karyawan berupaya siang malam membersihkan kolam agar kembali seperti semula.

Sampai akhirnya mereka berhasil kembali membuka kolam renang. Tapi selang sebulan, COVID-19 membuat tempat ini ditutup.

4. Menjadi Mata Pencaharian Warga Sekitar

Sekitar 80% karyawan yang bekerja di kolam renang adalah warga Bojong Kulur. Tak hanya itu, para pedagang sekitar kolam renang juga mengandalkan penghasilannya dari wisatawan.

Sehingga, saat kolam renang terpaksa ditutup, tentu menjadi pukulan keras bagi warga sekitar.

5. Pemanfaatan sementara kolam renang jadi kolam lele atas inisiatif karyawan

Sebab kolam renang pun tidak mendapatkan penghasilan, semua karyawan yang berjumlah 20 orang pun dirumahkan. Lalu 5 orang mantan karyawan berinisiatif untuk memanfaatkan lahan kolam renang untuk ternak lele.

Mereka pun mendapatkan izin dari pemilik kolam renang. Pemanfaatan kolam ini pun hanya bersifat sementara dan belum tahu sampai kapan.

6. Pemilihan kolam lele pun ada alasannya

Pemanfaatan kolam renang menjadi kolam lele ini juga untuk mengurangi adanya jentik-jentik nyamuk yang bersarang. Turunnya hujan di kolam yang kosong akan membuat genangan air.

Sehingga adanya lele bisa mencegah jentik-jentik nyamuk yang bersarang. Hal ini dilakukan untuk menjaga kestabilan lingkungan komplek agar tidak menimbulkan penyakit.

7. Harga Tiket Sangat Terjangkau

Kolam renang yang memiliki banyak wahana ini memiliki harga yang sangat terjangkau saat dibuka. Untuk weekdays harga tiketnya adalah Rp 15.000 sedangkan saat weekend adalah Rp 17.000.



Simak Video "Mau Berenang di Tengah Pandemi? Simak Dulu Tips dari Dokter Reisa Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA