Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 01 Jul 2020 22:05 WIB

TRAVEL NEWS

Pembalut sampai Kotoran Manusia Berserakan di Pantai Ini

Bonauli
detikTravel
Sampah kotoran manusia di pantai
Sampah di Pantai Exmouth (Plastic Free Exmouth)
Exmouth -

Setelah lockdown, Australia kembali membuka obyek-obyek wisatanya, termasuk pantai-pantai di Kota Exmouth. Betapa terkejutnya dan sedih para sukarelawan saat membersihkan pantai, mereka menemukan sampah pembalut sampai kotoran manusia.

Plastic Free Exmouth, sebuah kelompok pecinta lingkungan di Kota Exmouth, Australia, bekerja sama dengan Pemda setempat untuk menjadi sukarelawan. Mereka bertugas untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di sepanjang Pantai West Country.

Mereka tak hanya menemukan kemasan plastik yang berserakan. Banyak sekali kaleng-kaleng bir berjajar di sepanjang pantai. Relawan juga harus menggali pasir untuk menemukan memungut botol-botol bir. Padahal botol kaca bisa pecah dan melukai kaki pengunjung pantai.

Yang lebih parahnya lagi, mereka harus membersihkan pembalut bekas pakai dan kotoran manusia. Semuanya dibuang begitu saja di bawah bangku publik.


Padahal toilet yang dibuat untuk publik hanya berjarak 200 meter dari Satsiun Lifeboat. Kelompok sukarelawan dibuat geleng-geleng kepala.

"Kalau memang tak sempat ke toilet, kamu bisa menggunakan tas anjing dan mengeluarkannya di sana," ujar seorang sukarelawan, Lucy Oakes-Ash seperti dikutip dari Devon Online.

Mereka mengaku bahwa kotoran manusia yang ditemukan terlihat 'segar' alias baru saja dikeluarkan. Iyuuwwh!

Setelah dibersihkan, ternyata banyak juga sampah yang terlihat sudah berada cukup lama di pantai. Tentu saja semuanya berbahan plastik.

"Kami harus berjalan zig-zag untuk memeriksa bawah bangku untuk memastikan tak ada bekas tampon (pembalut) yang tersisa. Ini membuat saya muak," ungkap Lucy.

Plastic Free Exmouth kini sudah mengatur jadwal rutin untuk membersihkan jajaran pantai di sana. Mereka akan mulai melakukan pembersihan setiap hari Minggu pukul 07.30 waktu setempat.

Untuk itu, traveler yang hobi ke pantai diharapkan agar bisa menjaga kebersihan dan membuang sampah sembarang, apalagi kalau sampahnya sampah pembalut. Kalau pantainya bersih dan cantik, kita juga kok yang untung.



Simak Video "Erosi di Tepi Pantai Australia Nyaris Menyeret Rumah Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA