Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 04 Jul 2020 13:30 WIB

TRAVEL NEWS

Desa Italia Tawarkan Penginapan Gratis Saat Musim Panas

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
San Giovanno
Foto: (Getty Images)
Jakarta -

Setelah menawarkan rumah dengan harga murah, Italia punya penawaran menarik lainnya. Ada penginapan gratis di salah satu desa terpencil.

Dikutip dari berbagai sumber oleh detikcom, desa San Giovanni di Galdo, Italia dengan populasi sekitar 550 orang menawarkan penginapan gratis selama seminggu di salah satu rumah tradisional puncak bukit Italia. Penawaran ini berlangsung selama 40 hari di musim panas.

Menurut Insider, desa Italia San Giovanni di Molise ini memiliki sederetan rumah kosong karena depopulasi. Diharapkan, penawaran ini bisa menarik pengunjung setelah lama tak berwisata.

Inisiatif ini diluncurkan oleh asosiasi budaya setempat, Amici del Morrutto. Proyek yang disebut 'Regalati il Molise' menawarkan liburan gratis selama musim panas antara Juli hingga September 2020.

Tujuan dari penawaran menarik ini adalah untuk menghidupkan kembali sebuah desa yang tak lagi ditempati. Desa yang telah ditinggal oleh penduduknya ini bernuansa tradisional dengan bangunan kuno dengan pemandangan yang indah.

Desa indah ini belum memiliki akomodasi wisata yang memadai, sehingga asosiasi budaya setempat memikirkan bagaimana cara menghidupkan kembali desa bersejarah ini. Selain itu, di masa pandemi pariwisata sedang berada dalam titik terendah.

Meski tak terlalu terkenal oleh para wisatawan, Molise ternyata dinobatkan sebagai salah satu dari '52 tempat yang harus dikunjungi' di New York Times pada tahun ini. Sebelumnya, pada tahun 2019, Molise juga telah memberikan penawaran menarik, yaitu memberikan tempat tinggal dan memberikan uang € 700 per bulan.

San Giovanni dekat dengan pantai Adriatik dan pegunungan Apennine. Populasi warga di desa ini semakin menyusut ketika para pemuda mulai bermigrasi.

"Karena puluhan tahun imigrasi dari Molise, ada rumah-rumah di pusat-pusat kota yang telah kosong selama bertahun-tahun," kata aktivis dan jurnalis lokal Enzo Luogo kepada Telegraph.

Setelah diumumkan, proyek ini disambut dengan baik, bahkan menarik sebanyak ratusan aplikasi perjalanan dari Prancis, Irlandia, Polandia hingga Ukraina. Ada

Untuk tinggal di San Giovanni, wisatawan harus mengisi formulir yang disediakan. Mereka harus menyertakan alasan untuk berlibur di desa yang berlokasi 20 menit dari Compobasso, ibu kota regional Molise tersebut.

Jumlah orangnya pun dibatasi. Dalam satu formulir minimal hanya boleh mendaftarkan lima orang. Tak sembarangan, formulir yang ditulis juga harus disertakan bukti identitas masing-masing wisatawan. Jika proyek ini berhasil, maka akan diperluas ke desa-desa lain di Molise.



Simak Video "Italia Kembalikan Karya Seni Curian Saksi Bisu Tragedi 2015"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA