Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 05 Jul 2020 21:46 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Peta Benua Ke-8 yang Tenggelam di Bawah Selandia Baru

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Benua Zealandia di New Zealand
Peta benua Zealandia di New Zealand (Foto: CNN)
Jakarta -

Sebuah peta yang dirilis baru-baru ini mengungkap detail tentang benua ke-8, Zealandia. Benua ini ada di bawah laut New Zealand.

Ya, di dasar laut New Zealand ada sebuah daratan luas. Dulunya, daratan ini merupakan bagian dari daratan yang sama dengan Antartika dan Australia.

Diberitakan CNN, benua yang hilang terputus 85 juta tahun lalu dan akhirnya tenggelam di bawah lautan. Benua ini tersembunyi selama berabad-abad, Zealandia namanya.

Zealandia adalah benua yang pernah dihuni oleh dinosaurus. Peta terbaru ini memungkinkan traveler menjelajahinya.

GNS Science, sebuah lembaga penelitian New Zealand, menerbitkan dua peta baru dan situs web interaktif pada hari Senin. Peta-peta tersebut memperlihatkan bentuk dasar lautan dan profil tektonik Zealandia.

Peta ini juga membantu menjelaskan rangkaian gunung berapi di New Zealand, cekungan, dan fitur geologi lainnya. Untuk sementara, para traveler dapat mempelajarinya dari rumah, karena negara ini belum terbuka bagi wisman.

Situs web interaktif menunjukkan berbagai jenis peta Zealandia. Anda dapat menemukan semua gunung berapi purba dan modern di benua itu, atau melihat di mana daratan-daratan besar tersebar.

"Kami telah membuat peta-peta ini untuk memberikan gambaran geologi Selandia Baru dan Pasifik barat daya yang akurat, lengkap, dan terkini. Lebih baik daripada yang pernah kami miliki sebelumnya," kata ahli geologi Dr. Nick Mortimer, penulis utama peta.

Bagaimana benua Zealandia tenggelam?

Gagasan mengenai keberadaan Zealandia telah ada bertahun-tahun lamanya. Namanya pertama kali diciptakan oleh ahli geofisika Bruce Luyendyk pada tahun 1995.

Peneliti menemukan daerah membentang sekitar lima juta kilometer persegi. Itu bukan hanya kepulauan atau pecahan benua, tapi kerak besar dan terpisah.

Zealandia dulunya merupakan bagian dari Gondwana. Benua super besar yang membentuk banyak benua, sekarang dikenal dengan nama Afrika dan Amerika Selatan.

Sekitar 85 juta tahun yang lalu, Zealandia terpisah dari Gondwana. Daratannya melayang dan bergeser, sekitar setengah ukuran Australia, adalah rumah bagi dinosaurus dan hutan hujan yang rimbun.

Kemudian, jutaan tahun kemudian, lempeng tektonik dunia, potongan kerak bumi mulai menata dirinya kembali. Periode perubahan geologis yang dramatis juga menciptakan Cincin Api di Pasifik, bagian bumi yang memiliki begitu banyak gunung berapi aktif.

Selama masa ini, Lempeng Pasifik yakni lempeng tektonik terbesar di dunia diyakini telah tenggelam di bawah kerak benua Zandia. Proses ini, yang disebut subduksi, menyebabkan akar benua hancur dan tenggelam juga, menurut National Science Foundation, sebuah badan penelitian pemerintah AS.

Sekitar 94 persen dataran New Zealanad terendam air saat ini. Titik tertinggi Zealandia adalah Aoraki, gunung Cook setinggi 3.724 meter di atas permukaan laut.



Simak Video " New Zealand Sembuh dari Corona, Tak Ada Kasus dan Pasien Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA