Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Jul 2020 05:47 WIB

TRAVEL NEWS

Maskapai Ini Ancam Beri Kartu Kuning ke Penumpang Tak Pakai Masker

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Ilustrasi pesawat maskapai Alaska Airlines
Foto: (Alaska Airines)
Jakarta -

Memakai masker di pesawat menjadi wajib di periode virus Corona. Traveler yang naik maskapai Amerika tak mengenakannya akan diberi kartu kuning.

Dikutip dari Travel+Leisure, maskapai penerbangan Alaska Airlines akan memberikan kartu kuning bagi penumpang yang menolak untuk kenakan masker. Peringatan itu diperuntukkan kepada penumpang. Andai mereka tak mematuhi peraturan maka penumpang itu tak akan diizinkan menaiki maskapai untuk sementara waktu.

Peraturan baru itu dimulai pada bulan ini. Pramugari akan melakukan pemeriksaan saat penumpang akan naik pesawat dan memperingatkan penumpang untuk memakai masker. Bagi mereka yang menolak berulang kali, maka akan diberikan kartu kuning.

Pramugari akan memeriksa kembali penumpang yang tak ingin memakai masker di pesawat. Jika masih sama, barulah penumpang akan ditangguhkan sementara dari maskapai Alaska Airlines.

Kartu kuning ini terlihat seperti kartu wasit, dengan tulisan kalimat peringatan.



"Ini adalah pemberitahuan terakhir Anda untuk mematuhi kewajiban kami. Selanjutnya, kami akan mengajukan laporan yang dapat mengakibatkan penangguhan perjalanan di masa depan dengan Alaska Airlines."

Ada beberapa pengecualian pada penerapan protokol kesehatan dengan salah satunya memakai masker di maskapai Alaska Airlines ini, di antaranya bagi penumpang berusia dua tahun, penumpang yang memiliki masalah pernapasan medis serta seseorang yang tak bisa memasang dan melepas masker tanpa bantuan, termasuk penyandang difabel.

"Kami mengandalkan tamu dan karyawan kami untuk saling mempertimbangkan satu sama lain untuk menggunakan penutup wajah dan berkontribusi pada upaya konstan kami untuk menjaga semua orang sehat dan aman," kata Presiden Alaska Airlines, Ben Minicucci, dalam sebuah pernyataan.

"Kami bangga dengan layanan pelanggan kami yang sangat baik," dia menambahkan.

Nantinya, penumpang harus menandatangani perjanjian kesehatan selama proses check ini dan menyetujui kewajiban penggunaan masker yang diterapkan maskapai. Maskapai pun akan memberikan masker bagi penumpang yang lupa membawanya.

Alaska Airlines bukan satu-satunya maskapai yang menerapkan aturan ketat untuk pemakaian masker di pesawat. Mulai 18 Juni lalu, bagi penumpang maskapai asal Amerika United Airlines yang tak mematuhi aturan pemakaian masker akan berada dalam daftar pembatasan perjalanan internal. Mereka akan ditangguhkan sementara dari penerbangan maskapai ini.



Simak Video "Sederet Maskapai Dunia yang Bangkrut Gara-gara Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA