Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 08 Jul 2020 06:24 WIB

TRAVEL NEWS

Aplikasi Galuh Virtual, Ajak Pendatang ke Situs Budaya Ciamis

Dadang Hermansyah
detikTravel
Aplikasi Galuh Virtual, Ajak Pendatang ke Situs Budaya Ciamis
Foto: Dadang Hermansyah/detikcom
Ciamis -

Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis kembali berinovasi, dengan meluncurkan aplikasi atau website Galuh Virtual. Tujuannya, untuk menyajikan segala tentang kebudayaan Ciamis. Bahkan pendatang yang masuk Ciamis bakal mendapat notifikasi SMS broadcast.

"Inovasi Galuh Virtual ini menyajikan tentang kebudayaan Ciamis atau Galuh. Dari mulai situs budaya, agenda kebudayaan sampai kerajinan dan kuliner. Jadi menjadi pusat informasi budaya," ujar Kepala Disbudpora Ciamis Erwan Darmawan.

Erwan mengatakan dengan Galuh Virtual diharapkan dapat menggali budaya lokal, untuk menunjang pariwisata. Selain itu dapat membantu referensi bagi dunia pendidikan, dari tingkat SD hingga perguruan tinggi.

Fitur yang ada di aplikasi Galuh Virtual mulai dari agenda kebudayaan, tempat situs budaya berikut penunjuk peta, kuliner, ebook tentang kebudayaan, kerajinan, kuliner, sampai lagu-lagu bertema Ciamis. Juga dilengkapi dengan video 360 derajat, sehingga bisa secara virtual melihat suasana situs-situs di budaya secara keseluruhan.

"Aplikasi ini dibuat oleh generasi muda dari SMKN 1 Kawali. Kontennya juga bekerjasama dengan anak-anak muda Ciamis yang mencintai budaya," katanya.

Erwan menjelaskan setiap akhir pekan, aplikasi ini akan memberikan notifikasi berupa SMS broadcast bagi pendatang yang masuk Ciamis. Ada 5 titik perbatasan yang ditentukan, di Sindangkasih, Cisaga, Cimaragas, Cirahong dan Kawali.

"Jadi minimal 50 persen dari pendatang yang mendapat SMS broadcast mengunjungi website Galuh Virtual, sehingga tertarik untuk mengunjungi situs budaya di Ciamis. Tentunya ini menunjang untuk meningkatkan kunjungan pariwisata di Ciamis," katanya.

Disbudpora kini terus berupaya untuk mengembangkan website tersebut. Selain itu, meningkatkan sarana dan prasarana di ratusan situs budaya Ciamis yang siap dikunjungi.

"Harapan kami kepada rekan-rekan juru pelihara dan pelaku kebudayaan untuk terus membantu kami dalam mengembangkannya. Sehingga Galuh Virtual ini menjadi pusat menggambarkan Kabupaten Ciamis atau Galuh," pungkasnya.



Simak Video "Kampung Teratai, Destinasi Wisata Baru di Ciamis yang Lagi Hits"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA