Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 08 Jul 2020 15:06 WIB

TRAVEL NEWS

Gunung Lawu-Prau Ruame Poll di Akhir Pekan

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Gunung Lawu
Keramaian di gunung Lawu pada akhir pekan lalu (Foto: gunungindonesia/Instagram)
Jakarta -

Jalur pendakian gunung-gunung di Jawa Tengah kembali dibuka. Gunung Lawu dan Prau pun ramai didaki pada hari Sabtu-Minggu atau akhir pekan lalu.

Dilihat dari akun Instagram gunungindonesia, pendakian ke gunung Lawu via Candi Cetho terlihat membludak. Pengelola pun membatasi jumlah pendaki.

"Jumlah pendaki dibatasi sampai dengan 500 orang per hari di era new normal," kata gunungindonesia.

"Pos 3 Gunung Lawu via Cetho Weekend kemarin. Adakah kalian di sana? Ruame poll.. semacam pelampiasan setelah dikurung berbulan-bulan," katanya di unggahan terbaru.

Menurut Paguyuban Giri Lawu yang mengelola jalur Cemoro Sewu, selama pandemi buka tutup jalur pendakian mulai dari pukul 08.00-17.00 WIB. Tidak ada sistem zonasi pendaki di gunung Lawu.

"Pintu Pendakian Lawu Via Cemoro Sewu resmi dibuka pada 25 Juni 2020. Tetap Ikuti Protokol Kesehatan, memakai masker, embawa handsanitazer, cuci tangan setelah datang di area, pengecekan suhu badan di atas 37,5 derajat dilarang naik dan jaga jarak," ujar pgl_cemorosewu.

[Gambas:Instagram]

Pembukaan gunung Prau di sisi lain juga disambut antusias para pendaki. Namun ada perbedaan pendakian di sini yakni, harus memakai surat kesehatan dan hanya diperbolehkan pendaki dari Jawa Tengah dan DIY saja.

"Tahap 1 hanya pendaki Jateng dan DIY, zona merah kabupaten di Jateng boleh mendaki asal sehat. Pengumuman ini berdasar surat Surat Perhutani 0471/002.5/KDUJATENG/2020 dan Surat persetujuan pemerintah daerah 556/440/2020 juga pedoman protokol kesehatan pelaksanaan usaha pariwisata dinas pariwisata," ujar prau_mountain.

Berdasar hal di atas Basecamp Dieng atau basecamp_prau_dieng sudah buka dari 03 Juli. Sementara itu, basecamp lainnya akan dibuka di tanggal 10 mendatang, yakni

1. Basecamp wates atau gunungprau_viawates
2. Basecamp igirmranak atau basecamp.prau_igirmranak
3. Basecamp Patak bateng atau prau_patakbanteng atau ranger_prau
4. Basecamp kali Lembu atau basecamp_kalilembu
5. Basecamp Dwarawati atau basecampdwarawati.

Gunung-gunung lain di Jawa Tengah, seperti gunung Sindoro dan Sumbing akan dibuka dalam waktu dekat. Selalu pantau di akun media sosial resmi masing-masing gunung ya!



Simak Video "Tangis Haru Ortu Pendaki yang Selamat Turun Gunung Lawu"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA