Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 08 Jul 2020 17:04 WIB

TRAVEL NEWS

Wishnutama Optimistis Hotel dan Restoran Segera Bangkit

Putu Intan
detikTravel
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio melantik pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I) dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (5/2/2020).
Menparekraf Wishnutama. (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio hari ini, Rabu (8/7/2020) melakukan peninjauan pelaksanaan protokol kesehatan di Hotel JS Luwansa, Jakarta. Pada kesempatan itu, ia bersama Ketua PHRI, Hariyadi Sukamdani melihat penerapan new normal baik di kamar hotel maupun di restoran hotel.

"Pada saat melihat ini timbul rasa semangat dan optimisme untuk kebangkitan khususnya di hotel dan restoran. Sebelumnya saya cek beberapa restoran sudah sudah baik. Ini perlu diperkuat, ditingkatkan, dan dijaga kedisiplinannya sehingga sektor pariwisata bisa produktif tetapi juga aman dari COVID," kata Wishnutama.

Pada kesempatan itu, Wishnutama juga berpesan bahwa persiapan tersebut tidak hanya bertujuan agar wisatawan dan konsumen merasa aman tetapi juga dapat menjadi tolak ukur di mata internasional bahwa Indonesia serius menghadapi COVID-19. Ia ingin semua pihak bekerjasama mendukung upaya tersebut.

"Dukungan pemerintah sangat penting, pelaku usaha, dan masyarakat dalam menjalankan hal ini," ujar Wishnutama.

Selain hotel dan restoran, Wishnutama juga menyinggung mengenai MICE yang diharapkan dapat segera dilaksanakan kembali dengan protokol kesehatan. MICE perlu segera dibangkitkan untuk membantu memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Saya sudah mengusulkan ke kementerian lembaga dan Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) juga agar dapat melakukan meeting, conference, dan lain sebagainya menggunakan fasilitas hotel di berbagai tempat," kata Wishnutama.

Sebelum menyudahi kegiatannya tersebut, Wishnutama kembali mengingatkan pentingnya pelaksanaan protokol kesehatan itu sesuai dengan standar.

"Oleh itu sekali lagi saya betul-betul ingatkan para pelaku usaha di sektor pariwisata khususnya hotel dan restoran dapat menjalankan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya, dengan serius, dengan detail, sehingga kita bisa segera bangkit," pungkas Wishnutama.

Kemenparekraf bersama dengan Kementerian Kesehatan sedang menyusun sejumlah aturan mengenai pelaksanaan kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemi COVID-19. Aturan ini dibukukan dalam bentuk handbook yang berlaku untuk hotel, restoran, spa, MICE, dan lain-lain.



Simak Video "3 Strategi Wishnutama Bangkitkan Pariwisata-Industri Kreatif di 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA