Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 09 Jul 2020 16:07 WIB

TRAVEL NEWS

Umbul Ponggok Diuji Coba Buka Akhir Bulan Ini

Rizka Elfira
detikTravel
Pandemi COVID-19 membuat objek wisata Umbul Ponggok di kawasan Klaten ditutup. Penutupan dilakukan guna mencegah penyebaran virus Corona.
Umbul Ponggok (Foto: Kartika Bagus/detikcom)
Jakarta -

Setelah ditutup sementara akibat COVID-19, pengelola tempat wisata Umbul Ponggok di Klaten, Jawa Tengah merencanakan pembukaan kembali. Simulasi dan uji coba akan dimulai pada akhir bulan ini.

Saat ini, Umbul Ponggok sedang melakukan renovasi dan revitalisasi infrastruktur agar sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19. Kepala Desa Ponggok, Junaedhi Mulyono ingin mengubah semua sistem pelayanan wisata di desanya guna meningkatkan kualitas layanan dibandingkan sebelum pandemi yang lebih mengejar kuantitas pengunjung.

"Dengan semua perubahan besar itu, menurut prediksi akhir bulan ini baru simulasi saja," kata Kepala Divisi Wisata BUMDes Tirta Mandiri Ponggok, Suyantoko saat dihubungi detikcom.

Protokol kesehatan yang akan diterapkan di Umbul Ponggok diharap berhasil. Hal itu bertujuan agar tiada keresahan dan penularan kepada para pengunjung.

Menurut pengelola Umbul Ponggok, Hendrik Vidyanto, bila uji coba yang akan dilakukan pada bulan depan berhasil, mereka akan re-launch wisata air yang ada di Umbul Ponggok.

Tempat wisata Umbul Ponggok menjadi lebih dikenal saat setelah Presiden Joko Widodo memujinya dalam postingan Instagram, Selasa (27/11/18). Ia menyebut destinasi ini memiliki penghasilan cukup besar, yakni Rp 14 miliar dalam setahun.

"Anak muda ini mengendarai sepeda motor di jalan berbatu dan beriringan dengan ikan-ikan. Beginilah gaya pengunjung kolam wisata Umbul Ponggok, Desa Ponggok di Klaten, Jawa Tengah. Mereka berfoto di bawah air," kata Jokowi dalam keterangan di unggahan Instagram resminya.

Demi kelancaran pembukaan kembali tempat wisata tersebut, aturan yang diberikan oleh pihak Umbul Ponggok pun lebih ketat. Pegawai yang sakit dilarang untuk masuk dan pegawai dan pengunjung semua harus lolos ruangan pemeriksaan kesehatan.



Simak Video "Umbul Ponggok Rugi Rp 14 Miliar Gegara COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA