Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Jul 2020 18:45 WIB

TRAVEL NEWS

Ingin Naik Ke Ijen? Ada Syaratnya Lho...

Ardian Fanani
detikTravel
Kawah Ijen
Foto: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi -

Kawasan Kawah Ijen akan buka untuk wisatawan mulai Sabtu ini. Kamu yang ingin naik Gunung Ijen, ketahui dulu syaratnya ya.

Destinasi wisata Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen segera dibuka besok, Sabtu (11/7/2020). Para traveler yang kangen bisa kembali untuk mendaki dan melihat keindahan kawah hijau tosca di Gunung Ijen ini. Tapi, ada syarat yang harus dipenuhi para traveler.

Wisatawan yang hendak melakukan pendakian Kawah Ijen tetap diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan. Diantaranya harus bermasker, memakai sarung tangan dan face shield. Wisatawan wajib melakukan physical distancing saat mendaki ke Ijen.

Selain itu, bagi traveler yang berasal dari luar Banyuwangi diwajibkan menyertakan hasil rapid test non reaktif sebagai syarat untuk dapat menikmati indahnya Kawah Ijen.

"Jadi untuk wisatawan dari luar daerah harus membawa hasil rapid test nonreaktif. Ini sebagai langkah kita untuk mencegah penularan COVID-19, khususnya bagi mereka yang berasal dari zona merah," kata juru bicara Gugus Tugas COVID-19 Banyuwangi, dr. Widji Lestariono, kepada detikcom, Jumat (10/7/2020).

"Sementara bagi wisatawan yang berasal dari Banyuwangi cukup melaksanakan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker atau face shield. Juga bagi semuanya untuk tetap menjaga jarak dan mencuci tangan," kata dia.

Sementara itu, Kepala Pos TWA Kawah Ijen Sigit Haribowo mengatakan penerapan protokol kesehatan juga dilakukan oleh petugas TWA Kawah Ijen. Tak hanya itu, warung dan pedagang yang ada di Paltuding Ijen juga sudah menerapkan protokol kesehatan serta penerapan phisycal distancing di kursi konsumen.

"Salah satunya adalah tempat kasir dengan pembatas untuk pedagang. Karena temuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Banyuwangi evaluasinya itu," ujarnya.

Selain itu, para petugas di TWA Kawah Ijen sudah melakukan rapid test sebelum menerima wisatawan. Mereka nantinya akan bertugas melakukan pengecekan suhu tubuh, pengecekan perlengkapan protokol kesehatan dan pengawasan cuci tangan.

"Kita sediakan 10 tempat cuci tangan di titik masuk ke TWA Kawah Ijen. Sementara pedagang dan warung sudah menyediakan pula tempat cuci tangan, pemisah kasir dan penerapan kursi dengan physical distancing," tambahnya.

Selain itu, dalam sehari, TWA Kawah Ijen memberlakukan kunjungan hanya 225 wisatawan. Bagi traveler yang hendak mendaki Kawah Ijen juga harus memesan tiket secara online. Tiket dapat dipesan melalui laman https://ijenbluefire.bbksdajatim.org.

"Sudah kita buka secara regular. Maksimal 225 pendaki. Ini masih bertahap, kalau dinilai sudah aman, tidak ada COVID, kuota wisatawan ke Kawah Ijen bisa bertambah," ujar dia.



Simak Video "Bupati Banyuwangi: Kawah Ijen hingga Agrowisata Tamansuruh Telah Dibuka"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA