Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Jul 2020 07:17 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Rute Favorit Turis Saat Naik KA

Bonauli
detikTravel
Suasana Jembatan Kereta Api Cikubang di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (29/5/2020). Jembatan Cikubang yang memiliki panjang 300 meter tersebut merupakan jembatan kereta aktif terpanjang di Indonesia yang menghubungkan Bandung dengan Jakarta. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj.
Pemandangan kereta api ke Bandung (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)
Jakarta -

Kereta api jarak jauh tak cuma menjadi transportasi massal wisatawan domestik, namun juga pilihan turis asing. Ke mana tujuan wisata favorit mereka?

Pesawat memiliki kelebihan dengan kecepatannya sehingga traveler bisa lebih menghemat waktu. Transportasi itu membuat traveler bisa mencapai tempat liburan lebih cepat.

Sementara itu, kereta api jarak jauh akan membuat waktu tempuh traveler menuju destinasi wisata yang diinginkan menjadi lebih lama. Tapi, justru itulah asyiknya. Bisa dibilang, liburan sudah dimulai ketika traveler berada di stasiun keberangkatan kereta api. Dengan waktu yang cukup lama dan melintasi beberapa kota, traveler akan diajak untuk menikmati perjalanan.

Rupanya tak sedikit turis yang suka naik kereta api jarak jauh. Berangkat dari Jakarta, turis punya tujuan favorit tergantung negara asalnya.

Gina Salsabila, seorang pramugari kereta api sering bertugas untuk rute Jakarta-Surabaya, merekam asal traveler asing yang menggunakan kereta api jarak jauh.

"Kalau dari Jakarta Surabaya kebanyakan orang Amerika Serikat," ujarnya.

Perjalanan dari Jakarta-Surabaya menggunakan kereta api memakan waktu 14 jam. Pemandangan yang disuguhkan sangat beragam, mulai dari persawahan hingga pantai.

Beda lagi dengan turis yang berangkat dengan rute Jakarta-Bandung. Meski perjalanan sekitar tiga jam, namun pemandangannya tak kalah cantik.

"Untuk rute ke Bandung biasanya banyak turis Jepang dan Korea Selatan," kata Bayu Inggar, seorang pramugara KA.

Menurut Bayu pemandangan hijau ke arah Kota Kembang menjadi salah satu yang diincar oleh turis-turis. Kini kereta jarak jauh yang sudah mati suri pun kembali dihidupkan. Saat berada di dalam kereta api, turis-turis tak segan untuk mengobrol dengan prama dan prami. Turis-turis juga terkenal lebih sopan saat berada di kereta api.

"Turis juga suka beli makan di kereta api. Mereka nggak malu buat bertanya dan kami bisa dengan mudah menjelaskan lewat buku menu yang tersedia," ujar Gina.

Kalau kamu suka naik kereta api ke mana, traveler?

Video: Di Bali Perjalanan Panjang Pramugari-Pramugara KA

[Gambas:Video 20detik]



(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA