Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 18 Jul 2020 12:30 WIB

TRAVEL NEWS

Mengintip Putri Duyung Sebelum Mentas di Jakarta Aquarium

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Mermaid
Foto: (Tasya/detikcom)
Jakarta -

Jakarta Aquarium punya pertunjukan mermaid yang disuguhkan dengan kisah yang menarik. Putri duyung harus berakting dengan mengenakan kostum selama berada di dalam air.

Keindahan mermaid bisa kita saksikan saat pertunjukan. Namun, bagaimana persiapan mereka sebelum tampil?

Detikcom berkesempatan untuk melihat persiapan dua mermaid profesional di Jakarta Aquarium, yaitu Mermaid Nikita dan Mermaid Pia. Keduanya mempunyai sejumlah prestasi lho traveler di bidang diving. Jadi tak diragukan lagi kemampuan mereka beratraksi di dalam air.

Mermaid di Jakarta Aquarium.Mermaid di Jakarta Aquarium. Foto: (dok Jakarta Aquarium)

Sebelum masuk ke dalam air, para mermaid ini melakukan stretching untuk mencegah adanya hambatan pernapasan. Hal ini penting dilakukan karena mermaid akan berada di dalam air dalam waktu yang cukup lama.

"Biasanya kita ada pemanasan stretching, kita lebih ngatur pernapasan cara ngambil napas biar ga terlalu ngos-ngosan Jadi semua teknik yang kita pelajari, kita mengimplementasikan free diving dengan satu nafas.

Mermaid-mermaid profesional yang ada di Jakarta Aquarium akan berada di dalam air selama 2 menit. Tapi mereka bisa menahan nafas hingga 5 menit lho traveler.

"Di sini kita dua menit ya kita nari akting tp kita bisa tahan nafas 4-5 menit," kata Pia.

Setelah stretching, mermaid harus memakai kostum yang sangat sempit. Menurut mermaid Pia, kostum yang longgar justru akan menghambatnya ketika berenang. Mereka pun memerlukan waktu 6 bulan untuk beradaptasi.

"Kira-kira 6 bulan sampai bisa benar-benar adaptasi dengan lingkungan pakaian dan stage yang ada di sini dan kostum juga," kata Mermaid Pia.

MermaidMermaid Foto: (Tasya/detikcom)

Ada juga satu persoalan penting yang harus dilakukan mermaid, yaitu berpuasa sebelum diving. Hal ini dilakukan agar pengaturan nafas lebih mudah ketika mereka mulai masuk ke dalam air.

"Biasanya sebelum kita show kita nggak makan dulu ya sampai nanti selesai, perut kosong dulu biar dive nya lebih mudah," kata Pia.

Setelah siap memakai kostum mermaid, ditambah dengan diving fins agar mudah untuk berenang, meremaid pun mengenakan make up agar terlihat lebih cantik saat di dalam air. Setelah itu, mermaid pun siap menghibur pengunjung.



Simak Video "Kisah di Balik Putri Duyung Cantik nan Memesona"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA