Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Jul 2020 10:45 WIB

TRAVEL NEWS

Hati-Hati, 3 Wilayah DKI Jakarta Kembali Masuk Zona Merah Corona

CNN Indonesia
detikTravel
Kasus Corona di Indonesia masih jadi sorotan. Dinkes Provinsi DKI Jakarta pun membenarkan data yang tampilkan 68 perkantoran di DKI jadi klaster virus Corona.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Setelah ditetapkan menjadi wilayah zona oranye, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Utara kembali menjadi zona merah. Kini hanya Kepulauan Seribu yang masuk zona oranye.

Lima kota administrasi DKI Jakarta : Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Utara telah menjadi zona merah. Artinya, lima wilayah di ibu kota itu kembali berisiko tinggi penyebaran COVID-19.

"Perubahan zonasi ini, kalau kita lihat jumlah zona merah dari 35 menjadi 53, sedangkan kabupaten/kota zona oranye dari 169 menjadi 185. Ini bukan kabar yang menggembirakan, perlu jadi perhatian kita bersama," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (27/7).

Sementara itu, berdasarkan data milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tingkat jumlah kasus per jumlah penduduk atau incident rate di lima wilayah tersebut juga masih tinggi. Adapun tingkat incident rate di Jakarta Pusat, kecepatan infeksi mencapai 42,9 persen, sedangkan Jakarta Barat 10,5 persen. Kemudian di Jakarta Utara 11,9 persen, Jakarta Selatan 9,9 persen, Jakarta Timur 9,8 persen, dan Kepulauan Seribu 4,1 persen.

Tercatat ada 33 RW zona rawan penyebaran COVID-19 di wilayah Ibu Kota Zona merah. Zona merah ditetapkan berdasarkan tingginya laju kecepatan infeksi atau incident rate.

33 RW Zona ini termasuk dalam wilayah pengendalian ketat yang diberlakukan oleh Pemprov DKI Jakarta. Wilayah Jakarta Pusat mencatatkan RW terbanyak zona merah dengan 12 RW. Kemudian Jakarta Utara 6 RW, Kepulauan Seribu 6 RW, Jakarta Barat 2 RW, Jakarta Selatan 2 RW, dan Jakarta Timur 5 RW.

Sementara itu, jumlah kasus positif di DKI Jakarta hingga Rabu (29/7) mencapai 19.592 kasus. Sedangkan pasien sembuh berjumlah 11.997 dan 769 orang meninggal dunia.



Simak Video "Daftar Zona Merah dan Hijau di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA