Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Jul 2020 14:01 WIB

TRAVEL NEWS

Kondisi Geografis Pulau Sulawesi Berdasarkan Peta Lengkap Batasnya

Puti Yasmin
detikTravel
Pulau di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.
Foto: (Google Maps)/Ilustrasi Kondisi Geografis Pulau Sulawesi Berdasarkan Peta Lengkap Batasnya
Jakarta -

Indonesia terdiri dari berbagai pulau, termasuk Sulawesi. Kondisi geografis pulau Sulawesi berdasarkan peta berada di sebelah Timur Indonesia dan zona waktunya masuk dalam Waktu Indonesia Tengah (WITA).

Diketahui jumah penduduk di pulau Sulawesi 2019 berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis tahun 2018 mencapai 19 juta jiwa. Angka itu berasal dari provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 8,8 juta, Sulawesi Tengah 3 juta, Sulawesi Tenggara 2,6 juta, Sulawesi Utara 2,4 juta, Sulawesi Barat 1,3 juta, dan Gorontalo sebanyak 1,1 juta.

Berikut kondisi geografis pulau Sulawesi menurut peta:

1. Letak Astronomis Pulau Sulawesi

Berdasarkan letaknya, Sulawesi berada di garis 2°08' Lintang Utara dan 170° 17' Bujur Timur. Dengan posisi ini ada berbagai fauna khas, seperti anoa dataran rendah, babirusa, maleo, burung rangkong sulawesi ekor putih, hingga yaki.

2. Batas Laut dan Daratan Pulau Sulawesi

Laut Sulawesi berbatasan langsung dengan Laut Flores di daerah Utara, Selatan dengan laut Sulawesi, Barat dengan Selat Makassar, dan Timur dengan laut Banda.

Kemudian, batas daratan pulau Sulawesi bagian Utara dengan Filipina, Selatan dengan pulau Nusa Tenggara Timur dan Barat, Barat dengan pulau Kalimantan, dan Timur dengan Kepulauan Maluku.

3. Luas Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi memiliki luas mencapai 174.600 km². Dengan luas ini, ada enam provinsi yang berdiri di dalamnya, yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, dan Gorontalo.

4. Nama Pantai di Pantai Sulawesi

Pulau Sulawesi terkenal akan keindahan, termasuk pantainya. Adapun, nama pantai yang indah dari Selatan ke Utara adalah Tanjung Bira di Sulawesi Selatan, Pantai Talise di Sulawesi Tengah, Pantai Pulisan Sulawesi Utara, dan Pantai Bokori di Sulawesi Tenggara.

5. Nama Gunung di Pulau Sulawesi

Tak hanya pantai, dataran tinggi seperti gunung di Sulawesi juga memiliki daya tarik. Pulau Sulawesi memiliki salah satu gunung tertinggi di Indonesia, yakni Latimojong dengan ketinggian 3.478 meter, kemudian ada gunung Klabat 1.995 meter, gunung Lokol 1.580 meter, dan gunung ambang 1.795 meter.

Semoga kondisi geografis pulau Sulawesi berdasarkan peta bisa menambah pengetahuan kita ya!



Simak Video "Progres Pembangunan Kereta Trans Sulawesi Terus Dikebut"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA