Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Agu 2020 06:12 WIB

TRAVEL NEWS

Maskapai Ini Wajibkan Penumpang Pakai Masker Bukan Kaleng-kaleng

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
delta airlines
Foto: Delta Airlines (Reuters)
Jakarta -

Peraturan lebih ketat diterapkan oleh maskapai asal Amerika untuk mencegah penyebaran COVID-19. Ada kriteria masker untuk bisa naik pesawat.

Dikutip dari Travel+Leisure oleh detikcom, Sabtu (1/8/2020), maskapai Delta Airlines semakin memperketat aturan untuk penumpang di era new normal penerbangan. Masker dengan katup buang dilarang untuk dikenakan penumpang.

"Masker apapun dengan katup buang, tidak disetujui sebagai masker yang bisa diterima untuk penumpang yang bepergian dengan penerbangan Delta manapun," bunyi kebijakan baru tersebut.




Masker dengan katup buang dirancang untuk orang yang bekerja di lingkungan industri untuk melindungi pekerja dari partikel berbahaya. Tapi, rekomendasi masker dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) bukan untuk melindungi orang dari partikel yang masuk, tapi berfungsi untuk melindungi mereka yang berada di sekitar pemakai.

Nah, masker dengan katup buang ini memiliki efek sebaliknya. Katup buang bisa mengeluarkan virus keluar dengan kecepatan tinggi dan jumlah yang sangat terkonsentrasi. Jika seseorang menderita COVID-19, mengenakan masker model ini akan membahayakan orang-orang di sekitar mereka.

Penggunaan masker kain justru diperbolehkan untuk naik ke penerbangan maskapai Delta Airlines. Jika penumpang berada di bandara dengan masker yang tidak sesuai, maka maskapai akan menyediakannya.

Sekarang, pemakaian masker diperlukan saat check-in di Delta Sky Club. gerbang keberangkatan, garbarata (lorong menuju pesawat) dan tentunya saat berada di dalam pesawat, kecuali saat makan.

Untuk penumpang yang tak bisa mengenakan masker karena kondisi medis sekarang harus melalui proses pra-boarding yang ketat untuk bisa mendapat izin. Proses 'Clearance-To-Fly' secara virtual akan dilakukan antara penumpang, pihak Delta Airlines dan juga profesional medis yang akan memakan waktu hingga satu jam.

Maskapai penerbangan ini menerapkan aturan pemakaian masker secara ketat. lebih dari 100 penumpang telah dilarang untuk terbang bersama Delta Airlines karena menolak mengenakan masker.

"Jika naik pesawat dan Anda bersikeras tak mengenakan masker, kami akan bersikeras bahwa Anda tidak akan menaiki Delta hingga nanti," kata CEO Delta Airlines, Ed Bastian.



Simak Video "Visualisasi Ini Tunjukkan Jenis Masker Paling Ampuh Menahan Droplet"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA