Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Agu 2020 23:01 WIB

TRAVEL NEWS

Danau Air Tawar Terbesar Dunia Terancam Tercemar

Bonauli
detikTravel
Waters of Lake Baikal, The water surface of Baikal, a beautiful landscape
Danau Baikal (iStock)
Siberia -

Danau Baikal di Rusia bukan cuma indah tapi juga jadi situs warisan dunia UNESCO. Kini danau tersebut disebut-sebut terancam tercemar. Ada apa ya?

Predikat danau air tawar terbesar dan terbersih dunia melekat pada Baikal. Memiliki luas 31.722 km persegi dan ke dalam sampai 1.700 meter, Danau Baikal seakan jadi aset berharga bagi manusia. Danau Baikal menampung 20 persen persediaan air tawar dunia saat tidak beku.

Namun baru-baru ini Rusia membuat undang-undang yang memungkinkan terjadinya deforestasi dan konstruksi di dekat Danau Baikal. Dengan kata lain, Rusia setuju dengan pembangunan dan penghilangan hutan di area dekat Danau Baikal.

Presiden Valdimir Putin resmi menandatangani undang-undang tersebut. Hutan lindung alami di sekitar danau akan dibangun infrastruktur transportasi tahun 2024.

Hal ini membuat para aktivis lingkungan cemas. Polusi industri, pertambangan dan limpasan pertanian saja sudah cukup membuat Danau Baikal tercemar. Apalagi ditambah dengan proyek pembangunan ini.

Waters of Lake Baikal, The water surface of Baikal, a beautiful landscapeDanau Baikal Foto: iStock

Undang-undang tersebut bahkan menangguhkan persyaratan untuk evaluasi dampak lingkungan negara yang akan dilakukan sebelum proyek-proyek pembangunan transportasi.

"Dampak lingkungan tidak hanya untuk Baikal, tapi juga kawasan hutan lindung dan taman nasional di seluruh negeri," ujar Direktur Greenpeace Rusia, Mikhail Kreyndlinn.

Sementara itu, undang-undang yang baru disahkan ini juga bertentangan dengan persyaratan status Danau Baikal sebagai situs warisan dunia UNESCO. Danau ini resmi menjadi situs yang dilindungi UNESCO sejak 1996.

"Bisa-bisa Danau Baikal masuk dalam daftar warisan dunia dalam bahaya UNESCO," tambahnya.

Untuk melawan ini, warga Rusia ramai-ramai melakukan demonstrasi di media sosial. Banyak orang mengunggah berbagai keluhan mereka dengan tagar #SaveBaikal.



Simak Video "Selamat! Kaldera Toba Diakui Sebagai UNESCO Global Geoparks"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA