Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 15 Agu 2020 10:50 WIB

TRAVEL NEWS

Bali Akan Jadi Bandara Super Hub Indonesia

Bonauli
detikTravel
Hari ini umat Hindu seantero Bali merayakan Hari Raya Nyepi, seluruh aktifitas dihentikan dan jalanan menjadi lengang. Tak terkecuali di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.
Bandara Ngurah Rai Bali Foto: Aditya Mardiastuti
Jakarta -

Indonesia terus memperkuat transportasi udara di tengah pandemi. Bandara Bali bahkan sudah mempersiapkan menjadi super hub.

"Transportasi adalah perekat keberagaman Indonesia, kita tersebar di mana-mana, ada daerah Tertinggal, Terpencil, Terluar dan Perbatasan atau 3TP," ujar Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto dalam Webinar dengan tema Transportasi untuk Merajut Keberagaman.

Indonesia sendiri memiliki 393 rute penerbangan domestik, pesawat perintis 188 rute, dan 152 rute penerbangan internasional. Dalam sidang Kabinet tanggal 6 Agustus 2020, Predisen Joko Widodo menyingggung bahwa Indonesia memiliki 30 bandara internasional.

"Kita akan merubah hub primer dan super hub. Pembangunan super hubnya di Bali," tambahnya.

Dari 9 persen lalu lintas udara terpusat di 4 Bandara yaitu Soekarno-Hatta, Ngurah Rai Bali, Juanda dan Kualanamu. Alasan terpilihnya Bali karena pariwisatanya.

"Nanti Bali bisa terkoneksi dengan Australia, Afrika, Eropa sampai Amerika. Dari 35 juta turis jadi 50 juta di masa depan," ungkapnya.

Selain untuk pariwisata, super hub juga akan berfungsi untuk pemenuhan kebutuhan logistik dan komoditi. Semua itu menjadi kepentingan negara hingga tahun 2040.

"Bandara-bandara juga bisa mendukung KEK. Misal produksi beras di satu wilayah bisa dikirim ke wilayah-wilayah lainnya. Dari sisi keselamatan menggunakan teknologi baru termasuk pengembangan taksi udara helikopter atau pun drone," tuturnya.

Di tengah pandemi ini pemerintah tegas untuk mengawal protokol kesehatan. Kemudian ada pengawasan dan dana stimulus untuk mendorong transportasi udara.

"Saat ini trafik kita sudah sampai 45 persen. Untuk itu pemerintah juga punya program untuk merangsang pelaksanaan kalibrasi dan menjaga keselamatan penerbangan dan menjamin keselamatannya," paparnya.

"Kita juga memberi insnetif untuk daerah wisata. Tetap sehat tapi juga tetap berpariwisata, kami beri insentif di bulan Agustus semoga bisa disetujui dan dilaksanakan," tutup Novie.



Simak Video "22 Orang Tewas dalam Kecelakaan Pesawat Militer Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA