Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Agu 2020 13:20 WIB

TRAVEL NEWS

5 Fakta Paus Beluga Menggemaskan yang Pulang ke Islandia

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Paus Beluga
Foto: (Inherentlywild/instagram)
Jakarta -

Dua paus beluga menggemaskan, Little Grey dan Little White pulang ke Islandia setelah bertahun-tahun dalam penangkaran. Suatu badan konservasi menyelamatkan mereka.

1. Little Grey dan Little White tak berada di laut selama 9 tahun

Dua paus beluga yang berhabitat di Islandia ini ditangkap di lepas pantai Rusia pada tahun 2011 dan ditempatkan di sebuah penangkaran Changfeng Ocean World di Shanghai. Lalu, pada tahun berikutnya, penangkaran tersebut dibeli oleh Merlin Entertainments, perusahaan yang dikenal menentang paus dan lumba-lumba.

Hingga akhirnya, gerakan dari kelompok pecinta lingkungan, Sea Life Trust hadir untuk membantu mengembalikan hewan laut yang dikandangkan kembali ke habitat aslinya. Mereka pun sementara tinggal di rumah baru yang dikelola oleh Sea Life Trust, jauh lebih besar dan juga alami.

2. Mereka akan dilepas di tempat perlindungan seluas 3,2 hektar

Little White dan Little Grey akan dilepas di perlindungan perairan terbuka di Teluk Klettsvik, Kepulauan Westman, Islandia. Kawasan yang akan menjadi tempat tinggal bagi paus beluga ini memiliki luas 3,2 hektar.

3. Proyek pelepasan paus beluga ini merupakan yang pertama kali di dunia

Tak sembarangan, perlindungan dan perawatan dua paus beluga selalu dijaga selama perjalanan. Mereka bahkan melalui perjalanan laut, darat dan udara untuk menuju Islandia. Menurut Juru Bicara Sea Life Trust, proyek kesejahteraan laut ini merupakan yang pertama kali di dunia

Maskapai yang membawa mereka merupakan penerbangan Cargolux yang khusus mengangkut paus, dengan kapal kargo Boeing 747-400ERF bermerek khusus. Dua paus ini juga ditemani perawatan sepanjang waktu dengan dokter hewan yang mereka, peralatan khusus hingga banyak air dan es untuk menjaga mereka tetap nyaman.

4. Dua paus beluga berusia 12 tahun

Little Grey dan Little White merupakan paus betina yang berusia 12 tahun. Saat ditangkap pada tahun 2011, dua paus beluga ini berusia 4 tahun. Kini keduanya memiliki berat 900 kg.

Dua paus beluga ini tak langsung dilepaskan di perairan luas, tapi di tempat yang lebih kecil untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Momen ini akan menjadi pertama kalinya dua paus beluga kembali ke laut setelah bertahun-tahun dalam penangkaran.

5. Hingga saat ini lebih dari 300 paus terpenjara dalam penangkaran

Menurut Badan Konservasi yang mengembalikan Little Grey dan Little White ke Islandia, sampai sekarang lebih dari 300 paus beluga di dunia masih berada dalam kandang yang sempit dan tidak sesuai. Padahal mereka memiliki berat kurang lebih 1 ton dan mengkonsumsi ikan sekitar 49.8 kg per hari.

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA