Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 22 Agu 2020 07:41 WIB

TRAVEL NEWS

Bawa Batita Tak Bermasker, Keluarga Ini Ditolak Naik Pesawat

Femi Diah
detikTravel
Maskapai Jet Blue
Ilustraasi Jet Blue (Reuters)
Jakarta -

Seorang ibu asal Brooklyn bersama enam anaknya gagal terbang. Mereka ditolak naik JetBlue setelah putri yang berusia 2 tahun tak mau memakai masker.

Ibu itu Chaya Bruck. Dia mendokumentasikan kisah yang dialaminya dalam penerbangan dari Orlando ke Newark dan diunggah ke Facebook. Video itu dilihat 2.400 akun Facebook lain pada Kamis (20/8/2020) sore.

Dia mengungkapkan kekecewaan dalam keterangan di video itu.

"Shame on you, JetBlue, yang telah melecehkan saya dan menolak saya dan keenam anak saya," kata Bruck seperti dikutip New York Post.

Bruck mengakui anaknya yang berusia 2 tahun menolak memakai masker. Tapi kemudian respons kru kabin JetBlue membuatnya jengkel.

Perempuan 39 tahun itu menilai awak pesawat maskapai itu "hanyalah pengganggu" yang memperlakukan dia dan keluarganya dengan tidak manusiawi.

Apalagi, perempuan itu merujuk kebijakan tertulis JetBlue di situs yang menyatakan bahwa "anak-anak kecil yang tidak memakai masker dibebaskan."

Bruck, seperti tertuang dalam akun Facebook-nya, menyebut maskapai juga mengumumkan melalui pengeras suara di pesawat bahwa anak-anak yang tidak dapat memakai masker diizinkan untuk tidak memakainya.

Dalam video berdurasi hampir tiga menit itu, penumpang lain dengan cepat membelanya setelah dia diminta keluar dari pesawat.

"Apa kau sadar dia berumur 2 tahun?" Bruck terdengar mengatakan sekitar satu menit dalam video.

"Ya," jawab seorang anggota kru. "Dan menurut saya ... Itu bukan sesuatu yang bisa kita izinkan."

"Haruskah saya mengikat tangannya? Apa yang harus saya lakukan?" Bruck bertanya. "Haruskah aku memegang tangannya?"

Adu mulut berlanjut.

"Kalian harus turun dari pesawat," kata anggota kru itu.

Bruck menolak. "Tidak. Aku tidak akan turun dari pesawat. Aku bisa mencoba yang terbaik."

Dia kemudian bertanya kepada kru kabin apakah menjadi masalah jika anak tersebut memiliki dot di mulutnya. Pertanyaan itu tak dijawab. Kru kabin Jet Blue bersikukuh meminta Bruck dan anak-anaknya untuk meninggalkan pesawat.

Tindakan kru kabin itu sampai-sampai membuat penumpang lain kesal. "Dia enggak bikin kesalahan apapun,' ujar seorang penumpang pria.

Bagaimana kebijakan memakai masker oleh JetBlue saat pandemi virus Corona?

Di situs JetBlue disebutkan semua pelancong yang berusia minimal 2 tahun harus mengenakan masker yang menutup bagian hidung dan mulut selama perjalanan. Itu dimulai sejak check-in, boarding, dalam penerbangan, dan turun pesawat untuk mencegah penyebaran virus corona. Maskapai besar lain juga memiliki kebijakan masker.

"Masker dengan ventilasi atau katup pernafasan tidak diizinkan," kebijakan Jet Blue menyatakan.

"Pelindung wajah dari plastik dapat dipakai sebagai tambahan untuk penutup wajah tetapi tidak untuk menggantikannya."

JetBlue mengumumkan lewat situsnya bahwa penumpang dengan kondisi yang mencegah mereka mengenakan masker akan menunda perjalanan "sampai persyaratan sementara ini tidak berlaku lagi." Maskapai juga mewajibkan semua awak penerbangan memakai masker saat naik, dalam penerbangan, dan saat jarak fisik tidak dapat dipertahankan.



Simak Video "Kelebihan dari Menggunakan Kombinasi Masker Medis dan Kain"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA