Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Agu 2020 21:04 WIB

TRAVEL NEWS

Palestina Tuduh Israel Serobot Tanah Masjid Nabi Ibrahim

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Cave of the Patriarchs or Cave of Machpelah, Sanctuary of Abraham, double tombs of Abraham and Sarah in Hebron, Israel
Foto: Masjid Al Ibrahimi (Getty Images/iStockphoto/ValenZi)
Hebron -

Hubungan antara Palestina dan Israel kembali menghangat. Kali ini, Palestina menuduh Israel menyerobot tanah yang di atasnya dibangun Masjid Al Ibrahimi.

Hubungan antara 2 negara, Palestina dan Israel memang sedang menghangat belakangan ini. Salah satu penyebabnya adalah sengketa lahan yang terjadi di Masjid Al Ibrahimi.

Dilansir detikTravel dari CNN, Senin (24/8/2020), pihak Palestina dalam hal ini Ahmad Abu Halabiyeh menuduh pemerintah Israel sengaja mengambil sebagian lahan Masjid Al-Ibrahimi di Hebron, untuk diubah menjadi pemukiman penduduk secara ilegal.

Abu Halabiyeh, yang menjabat sebagai Ketua Komite Yerusalem di dalam Dewan Legislatif Palestina, pun menyatakan bahwa tindakan pencurian tanah tersebut sebagai kejahatan.

"Dengan melucuti kewenangan pemerintah Palestina dalam mengawasi masjid Al-Ibrahimi di Hebron dan memberikan lahan kepada Dewan Perencanaan Pemukiman adalah sebuah kejahatan," tegas Halabiyeh seperti dikutip dari Quds Press dan Middle East Monitor.


Halabiyeh juga menyebut tindakan tersebut sangat melukai perasaan umat muslim di Palestina. Tindak pencurian itu melanggar hak umat muslim atas kepemilikan lahan di sekitar masjid tersebut.

Halabiyeh pun mengajak umat Muslim Palestina untuk semakin giat dalam beribadah dan mengunjungi masjid tersebut untuk salat dan kegiatan keagamaan lainnya.


Masjid Al Ibrahimi sendiri merupakan situs bersejarah yang terletak di Kota Tua Hebron. Di situs inilah terdapat makam Nabi Ibrahim, Nabi Ishaq dan Nabi Yakub. Istri Nabi Ibrahim AS, Sarah juga dimakamkan di sini.

Nabi Ibrahim diketahui pernah tinggal di Hebron, 4.000 tahun yang lalu. Makam Nabi Ibrahim dan keluarganya terletak di dalam gua Machpelah atau Gua Para Leluhur.

Pemerintah Israel sendiri dilaporkan mengubah sejumlah masjid di kawasan yang mereka duduki untuk menjadi bar atau restoran. Wilayah pemukiman penduduk Palestina juga direbut dan diubah untuk jadi pemukiman warga Israel.

(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA