Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Agu 2020 07:11 WIB

TRAVEL NEWS

Air Danau di Nevada Berubah Jadi Toska, Kok Bisa?

Putu Intan
detikTravel
Danau Pyramid Nevada
Danau Pyramid di Nevada yang airnya menjadi toska. (Foto: Facebook Pyramid Lake Fisheries)
Nevada -

Fenomena air danau berubah warna kembali terjadi. Kali ini air Danau Pyramid Nevada berubah jadi toska. Kenapa ya?

Danau Pyramid di Nevada terkenal akan fenomena perubahan warna airnya yang terjadi setiap 7-10 tahun sekali. Pada 2020, perubahan warna air itu kembali terjadi, dari mulai biru tua, toska, bahkan sampai memutih.

Dilansir dari Oddity Central, Senin (24/8/2020) fenomena ini disebut sebagai whiting. Hal ini dapat terjadi akibat berbagai faktor, di antaranya peningkatan suhu air, peningkatan konsentrasi kalium, dan tumbuhnya ganggang (alga) dalam jumlah besar.

Lantas apakah fenomena ini berbahaya?

Menurut ilmuwan, fenomena ini tak berbahaya bagi danau. Akan tetapi whiting berbahaya bagi manusia.

"Danau Pyramid Nevada sekarang mengalami pertumbuhan ganggang beracun. Sampel air yang diambil pada 22 Juli 2020 menunjukkan kandungan siano toksin yang dapat menyebabkan kerusakan," sebagaimana tertulis pada cuitan Pyramid Lake Paiute Tribe.

Danau Pyramid NevadaDanau Pyramid Nevada berubah warna menjadi toska. Foto: Facebook Pyramid Lake Fisheries

Siano toksin ini dapat menyebabkan gejala ruam kulit, iritasi mata, diare, hingga muntah pada manusia. Untungnya selama pandemi Corona, danau yang berjarak 64 kilometer dari Kota Reno itu ditutup untuk umum. Sementara untuk hewan, bisa mengalami kejang bahkan mati akibat ganggang beracun ini.

Melalui citra satelit, dapat terlihat bahwa proses whiting itu dimulai dari sudut kecil Danau Pyramid Nevada. Proses itu terus meluas hingga kini keseluruhan air danau mengalami perubahan warna menjadi toska.

Netizen di media sosial justru melihat warna danau berubah menjadi lebih indah. Warna toska ini mengingatkan mereka pada wisata Maldives. Sayangnya keindahan itu juga mengandung bahaya sehingga masyarakat diimbau tak mendekati danau untuk saat ini.



Simak Video "Pesona Danau Linow, Tomohon"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA