Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Agu 2020 20:03 WIB

TRAVEL NEWS

Kolam Renang di Resor Mewah Ini Jadi Kolam Ikan Bintik Mutiara

Dalam gambar yang diambil pada tanggal 23 Agustus 2020 ini, pemandangan umum dari kolam renang yang telah berubah menjadi peternakan ikan digambarkan di Aveda Resort di Kumarakom, di negara bagian Kerala. - Sebuah resor mewah di India selatan telah mengubah kolam renangnya menjadi peternakan ikan untuk menghentikan bisnisnya tenggelam di tengah pandemi krisis ekonomi. Biasanya kolam renang sepanjang 150 meter (500 kaki) di Aveda Resort di negara bagian Kerala dipadati oleh wisatawan Eropa. Sekarang ribuan ikan bintik mutiara menyebabkan percikan. (Foto oleh Arun CHANDRABOSE / AFP)
Area kolam renang di Aveda Resort yang sudah diubah menjadi kolam ikan Foto: AFP/ARUN CHANDRABOSE
Kerala -

Tak hanya terjadi di Indonesia, di India ada kolam renang di sebuah resor mewah yang terpaksa mengubah kolam renangnya menjadi kolam ikan demi menyelamatkan usahanya.

Biasanya kolam sepanjang 150 meter di Aveda Resort yang berlokasi di negara bagian Kerala itu dipenuhi oleh turis Eropa. Sekarang ribuan ikan jenis bintik mutiara memenuhi kolam renang itu. Ikan itu sering dijumpai di India.

Aveda Resort terpaksa ditutup pada Maret saat India mulai lockdown. Hanya beberapa hotel yang diizinkan beroperasi sejak saat itu.

"Kami tidak memiliki pendapatan, jadi pada bulan Juni, kami menempatkan sekitar 16.000 ikan berumur dua bulan di kolam itu," kata manajer umum Aveda Jyotish Surendran, seperti yang dikutip dari CNNIndonesia.com

Ikan yang membutuhkan waktu sekitar delapan bulan untuk mencapai ukuran maksimal itu merupakan bahan makanan yang populer dalam hidangan di India dan Timur Tengah.

"Kami berencana memanen pada November dan akan mengekspor ke Timur Tengah," kata Surendran, memperkirakan sekitar empat ton ikan yang diternakkan di kolam renang resornya bisa bernilai USD 40 ribu di pasar.

Peternakan darurat tidak akan menutupi kerugian akibat pandemi, yang telah mendorong banyak hotel bangkrut, kata bos hotel itu.

Tapi Surendran berharap uang itu bisa membantu menutupi tagihan pokok, sehingga bisnis bisa terus berjalan sampai turis datang kembali.

Dan Aveda berencana untuk tetap melakukan ternak ikan bahkan ketika hotel mulai beroperasi kembali.

"Kami tidak dapat melanjutkan perternakan di kolam ini, tetapi kami mencoba mencari lahan alternatif di mana kami dapat membangun proyek-proyek yang lebih besar," katanya.

(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA