Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Agu 2020 21:34 WIB

TRAVEL NEWS

Soju Halal Bandung Bikin Netizen Penasaran

Siti Fatimah
detikTravel
Soju halal Bandung Mojiso
Mojiso, soju halal di Bandung (Siti Fatimah/detikcom)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Bandung -

Baru-baru ini, masyarakat Indonesia kedatangan produk lokal baru yaitu Soju halal. Kabar tersebut ramai jadi perbincangan netizen di media sosial.

Soju halal ini menjadi tren minuman yang baru muncul di awal Agustus 2020 lalu. Dari segi kemasan, Soju Halal dan Soju dari Korea Selatan memang tidak jauh berbeda, minuman berwarna bening dan menggunakan botol berwarna hijau.

Produk minuman soju halal membuat netizen bertanya-tanya soal kebenaran dan kandungan dalam minuman tersebut. "Soju halal? mm--mksud km air putih tpi ada varian rasanya?", ujar akun twitter @soekjin***.

Ada juga netizen yang merespons dengan mempermasalahkan penggunaan nama Soju dalam produk minuman.

Soju halal Bandung MojisoSoju halal Bandung Mojiso Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

"Ga usah ngadi-ngadi deh bikin soju halal. Soju jelas-jelas beralkohol. Kalau mau bikin minuman yg ga beralkohol dan halal ya jangan pake nama soju," cuit akun @Prisc****.

Meskipun begitu, ada juga netizen yang mengapresiasi kreatifitas minuman Soju Halal dan alih-alih mencibir, dia mengatakan, produk lokal ini seharusnya diberikan apresiasi.

"Dasar manusia zaman jigeum (sekarang), ada yang kreatif bikin soju halal bukannya diapresiasi gitu malah dicibir 'klo nggak beralkohol bukan soju namanya' berarti bir plethok itu nggak pantes dong ya memakai nama 'bir' karena kan nggak beralkohol! Logika?," isi cuitan akun @kimi****.

Setelah ditelusuri, salah satu penjual Soju Halal asal Bandung Rinda Aldiyanti membenarkan adanya kontroversi tersebut. Alhasil, produk Soju Halal diganti dengan nama Mojiso (Mojito Soju).

"Awalnya itu namanya Soju Halal, tapi ternyata ada kontroversi gitu. Poin halal MUI gitu yang di mana kalau misalnya nama tidak boleh dipakai. Akhirnya kita ganti," ujar Rinda saat dihubungi detikcom, Selasa (26/8/2020).

Meskipun sudah berganti nama, dia tetap menggunakan ciri khas Korea dalam produk minumannya. Ditambah dengan produk makanan ringan lain yang juga dia pasarkan.

Soju halal Bandung MojisoSoju halal Bandung Mojiso Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

Dia menjelaskan, Soju yang dibuat dengan temannya 100% berbeda dengan Soju yang berasal dari Korea Selatan. Rinda dan Sovi menggunakan bahan seperti syrup, perisa buah, sparkling water, dan daun mint.

"Yang ngebedain nggak ada alkoholnya. Ini bukan fermentasi, kalau soju asli kan fermentasi dari beras atau ubi gitu. Kalau ini itu emang isinya mojito, jadi sparkling water sama ada rasa buah-buahan," ujarnya.

"Kalo soal rasa kita nggak tahu bedanya, karena kita nggak pernah coba soju asli korea. Dan untuk embel-embel biar masih ala-ala Korea makanya namanya Mojiso terus nanti kita kasih tulisan Korean Sparkling Water," pungkasnya.

(bnl/bnl)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA