Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 02 Sep 2020 19:15 WIB

TRAVEL NEWS

Doa Perjalanan Jauh dalam Arab dan Latin, Supaya Dilindungi Allah SWT

Rosmha Widiyani
detikTravel
Ilustrasi pesawat
Foto: iStock/Doa Perjalanan Jauh dalam Arab dan Latin, Supaya Dilindungi Allah SWT
Jakarta -

Setiap manusia berharap selalu dalam perlindungan Allah SWT setiap saat, termasuk ketika sedang dalam perjalanan. Harapan ini muncul dalam doa saat melakukan perjalanan jauh dan dekat.

Karena itu, tiap muslim jangan sampai lupa membaca doa sebelum melakukan kegiatan. Jika belum hapal bacaan doa dalam bahasa Arab, maka permohonan perlindungan Allah SWT bisa diucapkan dalam bahasa Indonesia.

Berikut doa perjalanan jauh dalam Arab dan latin:

1. Doa keluar rumah

Bacaan doa perjalanan jauh diawali dengan permohonan supaya dilindungi Allah SWT ketika akan keluar rumah. Bacaan doa keluar rumah terdapat dalam hadits yang diceritakan Anas bin Malik.

"‏ مَنْ قَالَ - يَعْنِي إِذَا خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ - بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ ‏.‏ يُقَالُ لَهُ كُفِيتَ وَوُقِيتَ ‏.‏ وَتَنَحَّى عَنْهُ الشَّيْطَانُ ‏"‏ ‏.‏ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ لاَ نَعْرِفُهُ إِلاَّ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ

Artinya: Siapa saja yang mengatakan ini ketika hendak keluar rumah, "Dengan nama Allah SWT, aku percayakan urusanku pada Allah SWT, tidak ada kekuatan kecuali Allah SWT (Bismillāh, tawakkaltu `alallāh, lā ḥawla wa lā quwwata illā billāh)," maka akan dikatakan padanya, "Kamu telah dicukupkan dan dilindungi," dan setan akan menjauh darinya. (HR Tirmidzi).

2. Doa yang diucapkan saat pamit

Sebelum melakukan perjalanan, jangan lupa pamit pada keluarga dan lingkungan sekitar. Saat berpamitan ucapkan doa supaya keluarga yang menunggu di rumah selalu dalam lindungan Allah SWT. Doa ini tertulis dalam hadits yang diceritakan Salim.

عَنْ سَالِمٍ، أَنَّ ابْنَ عُمَرَ، كَانَ يَقُولُ لِلرَّجُلِ إِذَا أَرَادَ سَفَرًا ادْنُ مِنِّي أُوَدِّعْكَ كَمَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُوَدِّعُنَا ‏.‏ فَيَقُولُ ‏ "‏ أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ ‏"

Artinya: Salim mentakan, ketika seseorang akan melakukan perjalanan Ibnu Umar terbiasa berkata pada orang tersebut, "Mendekatlah padaku sehingga aku bisa berpamitan seperti Rasulullah SAW berpamitan pada kami." Lalu dia berkata, "Aku titipkan pada Allah SWT agamamu, amanatmu, dan amalanmu yang terakhir (Astawdi`ullāha dīnaka wa amānataka wa khawātīma `amalik)." (HR Tirmidzi).

Keluarga yang ditinggalkan bisa membalas doa tersebut sesuai dengan yang tercantum dalam hadits dari Anas.

عَنْ أَنَسٍ، قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي أُرِيدُ سَفَرًا فَزَوِّدْنِي ‏.‏ قَالَ ‏"‏ زَوَّدَكَ اللَّهُ التَّقْوَى ‏"‏ ‏.‏ قَالَ زِدْنِي ‏.‏ قَالَ ‏"‏ وَغَفَرَ ذَنْبَكَ ‏"‏ ‏.‏ قَالَ زِدْنِي بِأَبِي أَنْتَ وَأُمِّي ‏.‏ قَالَ ‏"‏ وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ ‏"‏ ‏.‏ قَالَ هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ ‏.

Artinya: Anas mengatakan, seseorang datang pada Rasulullah SAW dan berkata, "Aku hendak melakukan perjalanan, berilah aku bekal." Rasulullah SAW berdoa, "Semoga Allah SWT memberi taqwa untuk bekalmu (Zawwadak Allāhut-taqwā)." Lalu dia berkata, "Berilah aku lebih banyak," dan dijawab Rasulullah SAW, "Dan semoga Allah SWT mengampuni dosamu (Wa ghafara dhanbak)." Dia berkata lagi, "Berilah aku lebih banyak sehingga bisa menjadi penebus orang tuaku." Rasulullah SAW berkata, "Dan semoga Allah SWT membuat kebaikan mudah untukmu dimanapun kamu berada (Wa yassara lakal-khaira ḥaithu mā kunt)." (HR Tirmidzi).

3. Doa saat naik kendaraan

Perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT tentu diharapkan tiap muslim saat naik kendaraan ketika memulai perjalanan. Doa saat naik kendaraan bisa dibaca dalam Al Quran surat Az-Zukhruf ayat 13-14

13. لِتَسْتَوُۥا۟ عَلَىٰ ظُهُورِهِۦ ثُمَّ تَذْكُرُوا۟ نِعْمَةَ رَبِّكُمْ إِذَا ٱسْتَوَيْتُمْ عَلَيْهِ وَتَقُولُوا۟ سُبْحَٰنَ ٱلَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَٰذَا وَمَا كُنَّا لَهُۥ مُقْرِنِينَ

14. وَإِنَّآ إِلَىٰ رَبِّنَا لَمُنقَلِبُونَ

Arab latin:

13. Litastawụ 'alā ẓuhụrihī ṡumma tażkurụ ni'mata rabbikum iżastawaitum 'alaihi wa taqụlụ sub-ḥānallażī sakhkhara lanā hāżā wa mā kunnā lahụ muqrinīn

14. Wa innā ilā rabbinā lamungqalibụn

Artinya:

13. Supaya kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya; dan supaya kamu mengucapkan: "Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya."

14. "Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami."

Dengan membaca doa perjalanan jauh, semoga selalu dalam perlindungan Allah SWT saat berangkat maupun pulang. Perlindungan dan keselamatan semoga juga diberikan Allah SWT pada keluarga yang menunggu di rumah.

(row/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA