Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 03 Sep 2020 13:03 WIB

TRAVEL NEWS

Gunung Arjuno-Welirang Dibuka 5 September 2020

Muhajir Arifin
detikTravel
Gunung Arjuno-Welirang
Gunung Arjuno-Welirang (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)
Pasuruan -

Jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang kembali dibuka. Diketahui bahwa destinasi pendakian ini telah ditutup selama 8 bulan terakhir.

Hal itu tentunya menjadi kabar gembira bagi pendaki yang sudah kangen menjelajahinya. Gunung Arjuno-Welirang merupakan tertinggi kedua di Jawa Timur setelah gunung Semeru.

"Pendakian Gunung Arjuno-Welirang kembali dibuka mulai tanggal 05 September 2020," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, Ahmad Wahyudi, kepada detikcom, Kamis (3/9/2020).

Wahyudi mengatakan jalur pendakian gunung Arjuno-Welirang yang dibuka hanya Pos Lawang, kabupaten Malang dan Pos Sumberbrantas, kota Batu. Sedangkan Pos Tambaksari dan Tretes, kabupaten Pasuruan menunggu rekomendasi pemerintah daerah.

"Untuk pos pendakian di Kabupaten Pasuruan kami menunggu rekomendasi dari Pemkab Pasuruan," terang Wahyudi.

Wahyudi menegaskan karena masa pandemi COVID-19, pendaki harus bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru. Pendaki hanya dibolehkan menginap 2 malam, dan 1 tenda untuk 1 orang. Mererka juga wajib membawa masker, hand sanitizer dan pastikan dalam kondisi sehat.

"Registrasi pendakian bisa secara online," tegas Wahyudi.

Pendakian gunung Arjuno-Welirang ditutup sejak awal tahun 2020 akibat cuaca ekstrem. Penutupan berlanjut karena pandemi COVID-19.

(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA