Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 05 Sep 2020 18:13 WIB

TRAVEL NEWS

Bagian Pesawat Ini Disebut Paling Rentan Menularkan Corona

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi toilet pesawat
Foto: (dok. Thinkstock)
Jakarta -

Dunia penerbangan dewasa ini telah banyak berbenah dan menerapkan protokol kesehatan dalam setiap penerbangannya, dengan harapan untuk menekan kurva COVID-19.

Hanya dalam prakteknya, tetap saja ada resiko penularan virus corona dalam sebuah penerbangan sekali pun protokol kesehatan telah diterapkan. Nyatanya, ada ruang di pesawat yang disebut rentan penularan corona.

Dalam jurnal Universitas Pengobatan Soonchunhyang di Korea Selatan bertajuk 'Asymptomatic Transmission of SARS-CoV-2 on Evacuation Flight' yang dilihat detikTravel, Sabtu (5/9/2020), bagian toilet pesawat disebut sebagai yang paling rentan untuk penularan corona.

Alasannya dijelaskan lewat studi kasus mereka, dalam sebuah penerbangan evakuasi dari Milan ke Seoul pada 31 Maret lalu ketika krisis ramai berlangsung.

Bayangkan ada 310 penumpang, di mana 11 penumpang dengan gejala corona dicegat sebelum terbang. Hal itu membuat 299 penumpang tetap terbang, tentunya lengkap dengan masker N95 dan protokol kesehatan lainnya.

Dalam momen itu, penumpang hanya diizinkan membuka masker saat sedang makan dan memakai toilet. Ketika mendarat di destinasi tujuan (Korea Selatan), semua penumpang dikarantina selama 2 minggu.

Hanya ketika hari pertama karantina, sekitar 6 penumpang dites dan positif corona walau tanpa gejala. Namun, sebelumnya di hari terakhir masa isolasi di Italia seorang wanita dites dan positif corona. Diasumsikan, ia terkena dari penerbangan itu saat berada di toilet.

"Dalam penerbangan dari Milan, Italia ke Korea Selatan, perempuan itu menggunakan masker N95, kecuali saat ia menggunakan toilet. Sementara, toilet itu digunakan bersama oleh penumpang yang duduk berdekatan, termasuk pasien tanpa gejala," bunyi study tersebut.

Wanita itu disebut telah melakukan karantina mandiri di Italia selama 3 minggu sebelum penerbangan dan tidak menggunakan transportasi publik sama sekali dalam perjalanan ke bandara. Kemungkinan besar ia terkena corona karena kontak tak langsung di toilet pesawat.

Fitur HEPA Filter yang ada di pesawat memang bekerja untuk menyaring bakteri yang ada di dalam kabin dan membuat COVID-19 sulit menyebar lewat udara. Namun, singgungan dengan area di toilet yang terkena kontak fisik dengan penderita corona berpotensi besar jadi tempat penularan.

Di satu sisi, pihak maskapai telah berusaha keras menjaga protokol kesehatan dengan menerapkan syarat rapid test, pengukuran suhu hingga penggunaan masker dalam pesawat dan bandara. Hanya saja, traveler tetap tak boleh lengah.



Simak Video "Melihat Fungsi Filter HEPA di Dalam Pesawat"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA