Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Sep 2020 05:31 WIB

TRAVEL NEWS

Negara yang Larang WNI Masuk dan Pemakaman Cantik yang Horor

Tim detikcom
detikTravel
landmark Kuala Lumpur Petronas
Menara Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia (Getty Images/iStockphoto/Rat0007)
Jakarta -

Setelah meningkatnya jumlah penderita COVID-19 di Indonesia, tak sedikit negara yang menutup diri. Negara mana saja yang melarang WNI masuk?

Kasus COVID-19 yang masih terus meningkat membuat sejumlah negara menerapkan prinsip kehati-hatian pada kedatangan traveler termasuk dari Indonesia. Tak sedikit yang memutuskan menutup pintu masuk ke negaranya hingga kondisi COVID-19 menjadi lebih baik.

Adapun daftar negara yang melarang WNI masuk adalah:

1. Hungaria

Pemerintah Hungaria mengumumkan tidak menerima kedatangan warga negara asing termasuk penduduk Uni Eropa. Dikutip dari Anadolu Agency, peraturan yang berlaku mulai 1 September 2020 tersebut untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Namun Hungaria membolehkan warga negara yang berasal Republik Ceko, Slowakia, dan Polandia untuk masuk wilayahnya. Tentunya penduduk yang merupakan bagian dari Visegrad Four tersebut harus terbukti negatif COVID-19.

2. Malaysia

Selain dari Indonesia, Malaysia menutup pintunya untuk warga negara yang berasal dari India dan Filipina mulai Senin 7 September 2020. Menurut Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaakob, peraturan ini akan mempengaruhi mereka yang terbiasa bepergian antar negara, pelajar, ekspatriat, hingga warga negara setempat.

Dikutip dari Bangkok Post, sebelumnya Malaysia telah melarang kedatangan turis ke negaranya mulai Maret 2020. Pemerintah Malaysia terus mengambil langkah-langkah untuk menekan pandemi COVID-19 hingga akhir tahun ini, terkait penyebaran virus yang masih terus terjadi di seluruh dunia.

3. Jepang

Dikutip dari situs Japan National Tourism Organization, Indonesia adalah satu dari 18 negara Asia dilarang masuk Jepang untuk saat ini. Aturan bisa dikecualikan untuk urusan yang sangat penting (exceptional circumstances).

Jika harus pergi ke Jepang, pemerintah setempat mengharuskan PCR terlebih dahulu dalam waktu 14 hari sebelum kedatangan. Setelah mendarat di Jepang, traveler harus menunggu 14 hari di lokasi karantina yang telah ditentukan dan dilarang menggunakan kendaraan umum.

4. Brunei Darussalam

Brunei menjadi negara berikutnya yang melarang kedatangan warga negara lain di wilayahnya, termasuk dari Indonesia. Dikutip dari situs bruneitourism, kedatangan dari jalur darat, laut, dan udara ditutup mulai 24 Maret 2020.

Aturan juga berlaku bagi traveler yang bermaksud transit di Brunei demi menekan kasus COVID-19. Akses masuk hanya dipertimbangkan bagi yang memiliki kaitan dengan kepentingan negara secara keseluruhan atau sebagian dengan persetujuan Department of Immigration and National Registration.

Daftar negara yang menutup diri untuk Indonesia di atas jadi berita terpopuler detikTravel pada hari Rabu kemarin (9/9/2020). Selain itu juga ada berita tentang pembangunan di Pulau Rinca yang mendapat tentangan masyarakat sekitar.

Berikut berita terpopuler lengkapnya:

1: Daftar Negara yang Menutup Pintu untuk Indonesia

2: Pembangunan Pulau Rinca ala Jurassic Dimulai, Ada Penolakan warga

3: Nyantai di Hutan Pinus Paling Populer di Bandung Barat

4: Ini Desain Jurassic Park di Pulau Rinca

5: 6 Film tentang Kecelakaan Pesawat

6: CDC Amerika Keluarkan Travel Warning ke Indonesia

7: China Punya Jembatan Kaca Terpanjang di Dunia

8: Benteng Penyihir India yang Terkutuk

9: Goa Bhuto Diusulkan Masuk UNESCO Global Geopark

10: Pemakaman Cantik tapi Horor, Pas untuk Wisata Mistis



Simak Video "Syekh Ali Jaber Bandingkan Dakwah di Indonesia dan Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA