Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Sep 2020 20:05 WIB

TRAVEL NEWS

Jelajah Bawah Laut, Ini Titik Watersport Paling Indah di Indonesia

Alfi Kholisdinuka
detikTravel
diving
Foto: shutterstock
Jakarta -

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia merupakan surga bagi para penggemar watersport tourism seperti diving. Hal ini terbukti dengan banyaknya spot penyelaman bawah laut di berbagai daerah yang menawarkan keindahan panoramanya.

Tak heran apabila banyak orang yang tertarik untuk berwisata sembari berolahraga di Indonesia, sebab keindahan bentang alam bawah lautnya merupakan salah satu tujuan diving populer bagi wisatawan dalam maupun luar negeri. Tak hanya itu, berbagai tempatnya memiliki budaya khasnya sendiri.

Nah jika ingin mengenal lebih dalam spot bawah laut terbaik, saat ini sudah banyak destinasi watersport tourism yang ada #DiIndonesiaAja. Wisata watersport itu tak hanya memperlihatkan panorama alam bawah laut yang mempesona tapi juga menawarkan pengalaman baru bagi para pengunjungnya.

Jadi buat kamu yang tengah merencanakan untuk menjelajahi kekayaan alam bawah laut Nusantara yang luar biasa, dilansir dari berbagai sumber berikut 5 spot terindah untuk diving atau snorkeling yang wajib kamu kunjungi.

Raja Ampat

Raja AmpatRaja Ampat Foto: shutterstock

Raja Ampat merupakan lokasi pertama yang memiliki banyak spot indah di bawah lautnya. Terletak di Papua Barat, berbagai keanekaragaman hayati di dunia bisa kamu temukan di sini. Mulai dari terumbu karang yang indah hingga deretan kehidupan ikan laut yang tak kalah menawan dibanding negara lain.

Menurut laporan yang dikembangkan oleh The Nature Conservancy and Conservation International, sebuah organisasi sosial lingkungan internasional, sekitar 75% spesies karang di dunia hidup di kepulauan Raja Ampat. Tak heran sistem terumbu karang yang masih asli di Raja Ampat mampu memukau para penyelam atau para perenang snorkel.

Nah kabar baiknya, Raja Ampat terus berbenah dan mempersiapkan diri selama membuka kembali olahraga air ini di era pandemi. Adapun hal-hal yang disiapkannya berupa fasilitas, peraturan dan protokol kesehatan agar wisata seperti diving atau snorkeling selama pandemi tetap mengasyikan.

Pihak pengelola setempat sudah menganjurkan agar wisatawan yang ingin mencicipi keelokan wisata bahari ini membawa peralatan sendiri dari rumah. Hal itu untuk mengurangi kontak fisik jika menyewa peralatan yang disewa secara bergantian di tempat penyewaan, kendati demikian pihaknya memastikan protokol kesehatan selalu diutamakan.

Bunaken Manado

bunakenbunaken Foto: shutterstock

Tak kalah menakjubkan, destinasi watersport tourism di Bunaken Manado juga memberikan pesona yang luar biasa. Bahkan disebut sebagai surganya perairan, jadi bagi traveler yang menyukai aktivitas menyelam seperti diving atau snorkeling, Bunaken adalah tempat yang paling tepat untuk dikunjungi.

Sebab, jernihnya air laut di perairan Bunaken memungkinkan kamu dapat melihat dengan jelas ragam biota laut yang ada di dalamnya. Dengan sekitar 20 titik penyelaman, kamu akan berkesempatan untuk berenang di bawah laut, sambil bermain-main dengan riang bersama biota laut khas yang ada.

Diketahui, mayoritas aktivitas menyelam dilakukan di dekat Bunaken dan Manado Tua. Dua tempat tersebut memiliki banyak situs yang bagus dan menarik seperti Tembok Lekuan I, II, III yang merupakan tembok panjang di Bunaken yang menjadi titik-titik penyelaman terbaik di Taman Laut Bunaken.

Nah di tengah pandemi ini, Bunaken tergolong masuk dalam zona hijau sehingga wisata tetap dibuka. Kendati begitu, protokol kesehatan diterapkan di setiap lini oleh pemerintah setempat untuk meminimalisir penyebaran pandemi COVID-19.

Morotai

MorotaiMorotai Foto: shutterstock

Perairan Morotai juga menjadi salah satu destinasi terbaik di Indonesia bagi kamu penghobi olahraga diving. Terletak di Maluku Utara kecantikan terumbu karang dengan segala makhluk penghuninya sungguh tiada dua, sehingga membuat mata yang melihatnya berdecak kagum.

Berdasarkan catatan detikTravel, kamu yang akan liburan menikmati alam bawah laut Morotai, bisa menikmati beberapa suguhan spesial di sana. Salah satunya adalah penyelaman laut dalam, dengan kedalaman kurang lebih 40 meter. Di sana kamu akan menemukan wujud bangkai puing pesawat Bristol Beafort.

Diketahui kawasan Morotai ini masuk dalam destinasi prioritas yang dikembangkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menjadi 'Bali Baru' guna menarik lebih banyak wisman. Tentunya ini akan jadi daya tarik bagi wisatawan, karena berbagai akses dan fasilitas akan diberikan, agar turis makin mudah dan nyaman berlibur di Morotai.

Selain itu di tengah pandemi ini, pemerintah setempat sudah menerapkan Protokol Kesehatan COVID-19 dan Standar Operasional Prosedur (SOP) di seluruh destinasi Wisata dan Kuliner di Kabupaten Pulau Morotai. Hal itu dilakukan untuk memberi kenyamanan para wisatawan selama berlibur.

Wakatobi

MorotaiMorotai Foto: shutterstock

Belum banyak yang tahu, Wakatobi dianugerahi alam bawah laut yang indah. Salah satu spot terbaiknya adalah Collosseum. Diving spot bernama Collosseum ini berada di Wangi-wangi, Kota Wanci. Kamu yang akan diving di sini dijamin akan terpesona dengan keindahan karangnya.

Jenis karang yang ada di Collosseum adalah atol atau berbentuk cincin. Karang ini akan berbentuk seperti tebing melingkar mengelilingi pulau Wangi-wangi. Ikan-ikan pun terlihat seperti menari di atas karang yang membuat penyelam takjub.

Wisata selam di Wakatobi, Sulawesi Tenggara ini sudah dibuka lagi sejak Juli 2020. Namun wisatawan diminta untuk mematuhi sepuluh poin penting seputar protokol kesehatan selama berwisata di sana, hal itu dilakukan agar pengelola dan wisatawan sama-sama merasa nyaman.

Nah untuk mengunjungi tempat wisata ini, kamu bisa terbang menuju Bau-Bau dari Jakarta, Bali atau Surabaya. Dari Bau-Bau, kamu harus menggunakan boat untuk menuju Wakatobi. Wakatobi Dive Resort mengoperasikan penerbangan carter sehingga mereka dapat menerbangkan penumpang dari Bali dan dapat langsung mendarat di Pulau Tomia.

Karimunjawa

karimunjawakarimunjawa Foto: shutterstock

Karimunjawa merupakan kepulauan yang terletak di Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan ini memiliki air biru yang jernih serta pasir pantai putih yang membuat pengunjungnya merasa nyaman dan tenang selama berwisata. Selain itu, kepulauan ini menyediakan keindahan bawah laut yang luar biasa.

Pantai dan laut yang masih asli menjadi rumah bagi terumbu karang sehat yang tersebar di area seluas 80 km hingga pesisir Jepara. Tak heran, Taman Nasional Karimunjawa ini juga menjadi destinasi favorit wisatawan dalam maupun dalam negeri.

Saat ini, pemerintah setempat tengah mewacanakan untuk membuka kembali objek wisata Karimunjawa. Bahkan masyarakat setempat juga sudah mempersiapkan sejumlah hal agar tidak menimbulkan klaster baru COVID-19 selama pembukaan wisata ini.

Nah untuk kamu yang sudah siap untuk berwisata watersport tourism, itulah 5 rekomendasi spot yang wajib kamu kunjungi. Pastikan kamu selalu menjadi traveler yang cerdas dan bertanggung jawab terhadap keberlangsungan alam maupun komunitas lokal, dengan begitu kamu akan mendapatkan pengalaman terbaik dari sebuah wisata.

Jadi segera siapkan diri kamu untuk kembali menjelajahi surga dunia yang indah ini, sebab kini tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati panorama yang mengagumkan, cukup #DiIndonesiaAja pesona alam bawah laut hingga budaya masyarakat lokal tak pernah habis untuk dijelajahi.



Simak Video "Menyelam Hingga Mendaki Bisa di Raja Ampat "
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA