Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 14 Sep 2020 08:12 WIB

TRAVEL NEWS

Jejak Sejarah Lokasi Pendaratan Pesawat Luar Angkasa Rusia Pertama

Syanti Mustika
detikTravel
-
Ilulstrasi pendaratan pesawat ruanng angkasa pertama Rusia ( Istimewa)
Jakarta -

Rusia mempunyai proyek baru untuk mengabadikan lokasi pendaratan pesawat luar angkasa pertama mereka. Di sini siapapun bisa mengenang momen bersejarah ini.

Diberitakan Lonely Planet, Senin (14/9/2020) jauh di dalam hutan terpencil yang katanya banyak serigala, Perm, di Rusia sebagai saksi dalam perjalanan Space Race tahun 1960-an. Di tahun itu, kosmonot Alexei Leonov baru saja menyelesaikan perjalanan ruang angkasa pertama dalam sejarah manusia.

Dalam perjalanan pertama tersebut, setelah kembali memasuki atmosfer Bumi, pesawat luar angkasa yang membawa Leonov dan sesama kosmonot Pavel Belyayev tidak berfungsi dan jatuh ke tanah. Lokasi jatuhnya ini adalah di Perm.

Sejarahnya, kedua kosmonot selamat dari kecelakaan itu. Tapi, dibutuh waktu lebih dari satu hari bagi tim penyelamat pemerintah Soviet untuk menemukan dua kosmonot yang terjebak pada suhu di bawah nol derajat celcius itu. Dua kosmonot itu cuma bisa menghabiskan untuk meringkuk di dalam pesawat ulang-alik untuk bertahan.

Setelah enam dekade berlalu, traveler bisa dengan mudah menemukan lokasi pendaratan pesawat bersejarah ini. Tempat pendaratan pesawat ruang angkasa pertama Rusia itu telah dirombak sedemikian rupa dengan jembatan kayu yang melintasi hutan lebat. Lokasinya masih sangat terpencil, sekitar 300 km di utara kota Perm, tempat Kereta Api Trans-Siberia awalnya dimulai sebelum terhubung ke jalur Moskow.

Proyek eco-trail ini disebut 'Perm Space' dan sedang dibangun oleh relawan dan didanai oleh hibah pemerintah untuk organisasi amal bernama Parma. Nanti akan ada gazebo, toilet, dan tempat perkemahan yang terbuka untuk pengunjung di kawasan pendaratan pesawat ruang angkasa pertama Rusia itu. Badan amal tersebut juga berharap dapat memasang model kapsul ruang angkasa seukuran manusia di situs tersebut.



Simak Video "Pesona Panda China di Kebun Binatang Moskow di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA