Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Sep 2020 06:15 WIB

TRAVEL NEWS

Ini 4 Destinasi Indonesia yang Digemari Pecinta Staycation

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Sensasi Dinner di Pinggir Kolam Renang Hotel Fashion Legian
Ilustrasi hotel di Bali (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Di tengah pandemi virus Corona, gaya liburan staycation kian diminati oleh traveler di Indonesia. Empat destinasi di Indonesia ini pun jadi primadona.

Itu terungkap dalam survei Wego (online travel marketplace) yang dilaksanakan pada 21 Mei - 5 Juni. Dilihat detikTravel dari siaran persnya, Kamis (17/9/2020), jumlah pencarian hotel sepanjang Mei - Agustus 2020 menunjukkan perkembangan positif, dengan Bandung, Yogyakarta, Jakarta dan Bali sebagai kota tujuan favorit.

Data Wego menunjukkan Bandung dan Yogyakarta sebagai destinasi yang paling awal bangkit di kala pandemi untuk kategori staycation.

Jakarta juga menunjukkan perkembangan minat staycation yang positif dari bulan ke bulan, meski tidak sesignifikan Bandung dan Yogyakarta. Bali sendiri baru menunjukkan perkembangan positif di bulan Agustus, setelah pariwisatanya dibuka untuk pengunjung domestik.

Bandung

Pencarian hotel di Bandung mulai menunjukkan perkembangan bulanan positif sebesar 44 persen di bulan Mei. Puncak kenaikan terjadi di bulan Juni, di mana angka pencarian naik 51 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Kemudian pada bulan Juli, pencarian hotel Bandung di Wego menunjukkan sedikit penurunan sebesar 3 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Perkembangan positif kembali terlihat pada bulan Agustus, khususnya pada pekan libur panjang Hari Kemerdekaan (17 Agustus) dan Tahun Baru Islam (20 Agustus).

Pada minggu tersebut, Wego mencatat kenaikan mingguan jumlah pencarian hotel Bandung sebesar 35 persen dibandingkan pekan sebelumnya. Secara keseluruhan, jumlah pencarian Agustus mengalami kenaikan sebesar 10 persen dibandingkan Juli.

"Tren peningkatan yang signifikan di awal ini terjadi karena Jawa Barat membuka pariwisatanya lebih dulu dari kota-kota lain, tentunya dengan penerapan norma kebiasaan baru untuk pencegahan dan pengendalian COVID-19. Dengan akses jalur darat yang mudah dijangkau dari kota-kota sekitar, tak heran Bandung menjadi kota yang diminati untuk staycation," ujar Kaushal Pilikuli, Director, Growth Marketing APAC Wego.

Yogyakarta

Yogyakarta yang pariwisatanya dibuka untuk uji coba pada Juni lalu juga paling cepat menunjukkan perkembangan positif. Kenaikan jumlah pencarian hotel sebesar 26 persen terjadi di bulan Juni. Jumlah tersebut mencapai puncak di bulan Juli, di mana angka pencarian hotel meningkat hampir 300 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Data Wego juga mencatat kenaikan signifikan pada pekan liburan tanggal 17 dan 20 Agustus lalu. Jumlah pencarian hotel Yogyakarta pada minggu tersebut mengalami lonjakan sebesar 109 persen dibandingkan minggu sebelumnya. Namun, jumlah pencarian hotel Yogyakarta bulan Agustus masih lebih sedikit 17 persen dibandingkan bulan Juli.

Survei Staycation oleh Wego.Survei Staycation oleh Wego. Foto: (dok Wego)

Jakarta

Minat masyarakat untuk staycation di ibu kota mengalami perkembangan positif dari bulan ke bulan, meski cenderung lambat dan tidak signifikan dibandingkan kota-kota lainnya.

Hal ini disinyalir karena penambahan kasus positif di Jakarta yang selalu tinggi, serta masa PSBB dan PSBB Transisi DKI Jakarta yang berlangsung lama.

Bali

Bali menutup pariwisatanya sejak akhir Maret hingga Juli dan baru dibuka kembali untuk wisatawan domestik pada 31 Juli. Penutupan pariwisata yang cukup panjang, ditambah syarat memasuki wilayah Bali yang ketat berimbas pada lesunya minat wisatawan untuk datang dan menginap di hotel-hotel Bali.

Secara angka, pencarian hotel untuk staycation di Bali masih termasuk yang tertinggi di Indonesia. Namun, perkembangan rata-rata dari bulan ke bulan selama April - Juli, menunjukkan angka minus 0,3 persen.

Setelah Bali kembali dibuka untuk wisatawan domestik pada bulan Agustus, minat menginap di hotel Bali baru menunjukkan perkembangan positif, yaitu 30 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Khusus pada pekan liburan HUT RI dan Tahun Baru Islam, jumlah pencarian hotel Bali di platform Wego mengalami kenaikan sebesar 40 persen dibandingkan pekan sebelumnya.



Simak Video "Warga Yogyakarta Sulap Selokan Bau Jadi Detinasi Wisata"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA