Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Sep 2020 11:35 WIB

TRAVEL NEWS

Dari Bali Lanjut Labuan Bajo, Kunjungi 5 Destinasi Menawan Ini

Angga Laraspati
detikTravel
kemenpar
Pulau Padar di Taman Nasional Komodo, NTT/Foto: shutterstock
Jakarta -

Bila ingin mendatangi surga dunia tak perlu jauh-jauh keluar negeri, sebab #DiIndonesiaAja banyak nirwana yang bakal memanjakan mata dan menyuguhkan pemandangan yang tak ada duanya. Salah satunya di Pulau Bali, Lombok, hingga Labuan Bajo.

Bali, Lombok, dan Labuan Bajo dengan segala pesona alamnya memang pantas menyandang gelar surganya Indonesia. Di masa pandemi saat ini ketiga tempat tersebut harus sedikit berbenah untuk menyambut kembali wisatawan dari berbagai penjuru negeri.

Maka ketiga tempat tersebut telah menerapkan protokol kesehatan berwisata atau CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability) untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang datang berkunjung.

Tak hanya indah, ketiga tempat ini juga mudah untuk dijangkau, traveller bisa menggunakan berbagai moda transportasi seperti pesawat atau kapal laut. Bahkan, ada beberapa travel agent yang menawarkan paket beberapa malam untuk mengunjungi tiga tempat tersebut sekaligus.

Ketiga tempat tersebut juga bisa dikatakan sebagai yang wajib dikunjungi atau masuk ke dalam bucket list karena keindahan alamnya yang mampu membelalakkan mata. Dilansir dari berbagai sumber, ini dia 5 tempat wisata yang bisa didatangi dan dinikmati di ketiga tempat tersebut.

Desa Penglipuran Bali

kemenparDesa Penglipuran, Bali Foto: shutterstock

Bali tak cuma terkenal dengan keindahan pantainya, bila berjalan sejauh 45 km ke arah utara traveller akan disuguhkan dengan keasrian dan juga ketentraman dari Desa Penglipuran. Desa yang terletak di Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli di kaki Gunung Batur ini pernah dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia.

Desa yang sangat mengedepankan budaya tradisional ini masih menjalankan adat istiadat Bali dalam kehidupan sehari-hari. Memiliki luas kurang lebih 112 hektare, Desa Penglipuran akan menyuguhkan kedamaian bagi setiap pelancong yang singgah karena menampilkan budaya Bali dengan berbagai bangunan, kerajinan dan makanan tradisional.

Kini Desa Penglipuran telah menerapkan protokol kesehatan untuk membuka kembali tempat wisatanya di era pandemi. Bagi yang ingin berkunjung ke tempat ini, nantinya akan dicek suhu tubuhnya dan disemprot disinfektan sebelum memasuki area Desa Penglipuran.

Petugas pun tak segan memberikan peringatan kepada wisatawan yang tidak mengatur jarak dan tidak mematuhi protokol kesehatan. Desa Penglipuran juga menyediakan fasilitas pendukung seperti hand sanitizer hingga tempat isolasi yang dipersiapkan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Nusa Penida

kemenparPantai Kelinking, Nusa Penida Foto: shutterstock

Nirwana di sebelah tenggara Pulau Bali ini menyimpan segudang keindahan yang sayang untuk dilewatkan. Hanya dengan menempuh 30 menit dari daerah Sanur di Bali menggunakan speed boat, traveller sudah bisa menikmati eksotisnya Pulau Nusa Penida.

Surga ini memiliki berbagai objek wisata yang pastinya bakal membuat decak kagum bagi setiap mata yang melihatnya. Sebut saja Pasih Uug yang merupakan spot foto terbaik di Nusa Penida yang selalu menarik minat pengunjung yang datang atau Angel's Billabong, sebuah kolam alami yang dikelilingi oleh batu karang yang berbeda warna, dan berbagai spot wisata lainnya

Nusa Penida pun saat ini sudah mempersiapkan segala protokol kesehatan berwisata untuk menyambut wisatawan yang datang ke tempat ini. Bupati Klungkung Bali, I Nyoman Suwirta juga sudah memastikan kesiapan fasilitas menggunakan penerapan protokol kesehatan berwisata di seluruh fasilitas umum termasuk tempat pariwisata, salah satunya Nusa Penida.

Gili Trawangan

kemenparGili Trawangan, Lombok Foto: shutterstock

Ini dia tempat yang pas untuk para penikmat senja, Gili Trawangan akan menyuguhkan pemandangan indah ketika matahari mulai terbenam di ufuk barat. Langit berwarna jingga memancarkan pesona keindahan bagi setiap orang yang melihatnya.

Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat liburan ke Lombok ini masih akan tetap hinggap di hati para pelancong yang rindu akan eloknya alam Gili Trawangan. Daya tarik yang begitu kuat tak hanya datang dari keindahan alam, tapi juga suasana yang nyaman dan bebas dari bisingnya kendaraan membuat setiap detik terasa begitu lama di tempat ini.

Bayangkan saja, memandangi sunset sembari menikmati kelapa hijau ditemani suara deburan ombak, pastinya bakal membuat setiap pelancong yang datang ke sini akan terbawa suasana rileks.

Kini, Gili Trawangan tengah berbenah demi menyambut pelancong yang ingin datang dengan menerapkan protokol kesehatan berwisata yang ada. Sejumlah aparatur pemerintah dan petugas dinas pariwisata pun akan disiagakan di tempat wisata ini.

Jadi, bila ingin berkunjung ke Gili Trawangan wajib menggunakan masker, dan memeriksakan kesehatan terlebih dahulu. Bila memang tidak memiliki record kesehatan yang baik maka dilarang untuk datang ke tempat ini.

Pulau Padar

kemenparKeindahan Pink Beach di Pulau Padar Foto: shutterstock

Salah satu destinasi wisata favorit di NTT ini menyuguhkan berbagai keindahan alam yang tiada tara. Primadona yang sudah mendunia ini menampilkan perbukitan yang dikelilingi oleh laut biru nan cantik.

Jarak tempuh 2-3 jam dari Labuan Bajo ke tempat ini pun tidak akan membosankan karena traveller akan disuguhkan dengan pemandangan khas Flores yang menakjubkan. Sesampainya di pulau ini, traveller akan diajak untuk mendaki bukit, namun perjalanan tersebut tidak akan terasa karena panorama yang ciamik ditemani dengan suara deburan ombak dan tiupan angin yang menambah pengalaman yang tak terlupakan.

Pulau yang terletak di Taman Nasional Komodo ini juga akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan, mulai dari menyaksikan sunrise hingga berkunjung ke Pink Beach yang unik dan memukau. Sempatkan juga waktu untuk melihat pemandangan bawah laut Pulau Padar yang memikat, bahkan bila beruntung traveller akan bertemu dengan lumba-lumba yang menyapa di laut.

Pulau Padar pun telah mempersiapkan berbagai protokol kesehatan kepada setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Para ranger yang ada di tempat ini akan mengecek suhu setiap pengunjung dengan menggunakan thermo gun yang nantinya juga akan dicatat oleh para ranger dan memastikan pengunjung dalam keadaan sehat.

Wisatawan yang ingin datang ke tempat ini juga mesti mematuhi beberapa peraturan yang berlaku seperti membeli tiket masuk secara online, memakai masker selama berada di dalam kawasan, menjaga jarak hingga membawa hand sanitizer sendiri.

Pulau Komodo

kemenparSuasana sunset di Pulau Komodo Foto: shutterstock

Pulau yang pernah masuk 7 keajaiban dunia ini memang menyimpan berbagai keindahan alam. Tak hanya menjadi habitat asli 'monster'-nya Indonesia, tapi juga menyuguhkan pemandangan ciamik yang tak bisa dilewatkan.

Pulau yang terletak di ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur ini menyajikan panorama savana dan pemandangan bawah laut yang menjadi daya tarik sendiri. Di pulau ini, traveller juga bisa melakukan kegiatan memancing, snorkeling hingga diving.

Pulau Komodo masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Komodo, sama seperti Pulau Rinca pengunjung yang hendak datang ke tempat ini mesti mematuhi aturan yang berlaku untuk mencegah penularan COVID-19.

Protokol kesehatan berwisata pun juga tetap diberlakukan di Pulau Komodo seperti pengecekan suhu tubuh, mewajibkan pengunjung memakai masker dan menjaga jarak serta mencuci tangan setelah dan sebelum beraktivitas.

Itu dia tadi 5 tempat wisata yang wajib banget dikunjungi di Bali hingga Labuan Bajo, karena #DiIndonesiaAja traveller sudah bisa menemukan jajaran surga dunia yang memukau dan punya pesona tersendiri. Namun, ada yang harus digarisbawahi bahwa kemanapun tujuan wisatanya tetap harus selalu memperhatikan protokol kesehatan berwisata yang ada ya.



Simak Video "Destinasi Favorit yang Akan Jadi Super Prioritas"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA