Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Sep 2020 23:10 WIB

TRAVEL NEWS

Kerangka Dinosaurus Berusia 60 Juta Tahun Dilelang, Siapa Mau?

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
DInosaurus dilelang
Foto: (Christie/AFP)
Buffalo -

Sebuah kerangka dinosaurus setinggi 12 meter dilelang bulan depan. Dia merupakan salah satu spesimen T-rex terlengkap dan terbesar yang pernah ditemukan!

Dikutip dari Malay Mail oleh detikcom, kerangka T-Rex yang dijuluki 'Stan' ditemukan pada tahun 1987 di dekat Buffalo, South Dakota, Amerika Serikat. Pengumpulan kerangka yang berjumlah 188 tulang ini membutuhkan waktu tiga tahun untuk penggalian dan rekonstruksi oleh ahli paleontologi dari Institut Penelitian Geologi Black Hulls negara bagian.

Para peneliti memperkirakan, Stan mati sekitar 60 juta tahun lalu dalam usia sekitar 20 tahun. Menurut CNN, Kamis (17/9/2020) para peneliti menemukan Stan selamat dari patah leher selama masa hidupnya, setelah itu dua tulang belakang menyatu.

Ada juga tanda-tanda luka tusuk di tengkoraknya, salah satunya kemungkinan disebabkan oleh T-rex lain. Dia memiliki berat 7-8 ton, sekitar dua kali lipat dari berat gajah Afrika saat ini. Gigi terpanjangnya berukuran lebih dari 11 inci dengan tepi bergerigi.

DInosaurus dilelangDInosaurus dilelang Foto: (Christie/AFP)

Kerangka Stan telah digunakan untuk membuat replika di puluhan museum yang membuat model T-rex mereka sendiri. Hanya sekitar 50 kerangka dinosaurus yang ditemukan sejak tahun 1902.

"Ini adalah kesempatan sekali dalam satu generasi untuk mendapatkan T-rex selengkap ini," kata juru lelang, James Hyslop.

Pelelangan akan diadakan di New York pada 6 Oktober 2020. Tawaran harga yang diharapkan dimulai dari USD 6 juta atau sekitar Rp 89 miliar hingga USD 8 juta atau 118,7 miliar. Ekspektasi ini didasarkan dari pelelangan T-rex bernama Sue yang mendapatkan harga sebesar USD 8,4 juta pada Oktober 1997.

"Museum sejarah alam manapun akan menganggapnya mahkota dari koleksi mereka," kata Hyslop.

Stan akan dipajang di jendela kantor pusat pelelangan Christie di New York City mulai Rabu hingga 21 Oktober. Siapa mau beli dinosaurus?

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA