Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Sep 2020 20:11 WIB

TRAVEL NEWS

Viral Susuk X-Ray, Pengertian dan Negara Mana yang Mempraktikannya?

Rosmha Widiyani
detikTravel
Ratusan susuk yang terlihat melalui Xray
Foto: Instagram/tasyabira/Viral Susuk X-Ray, Pengertian dan Negara Mana yang Mempraktikannya?
Jakarta -

Sebuah unggahan Instagram story penampakan susuk di foto X-Ray viral dan menjadi perbincangan netizen. Dalam foto X-Ray itu tampak ratusan titik putih yang disebut sebagai susuk dalam tubuh seorang perempuan. Viralnya unggahan itu membuat kata susuk muncul di Google Trend seperti dilihat detikcom pada Jumat (18/9/2020).

Dikutip dari tulisan Susuk-Black Magic Exposed "White" by Dental Radiographs, praktik pasang susuk ternyata dikenal di beberapa negara terutama Asia Tenggara. Tulisan Arishiya Thapasum F dan Faraz Mohammed dari Dr Syamala Reddy Dental College Hospital & Research Centre, Bangalore, India ini dipublikasikan dalam Journal of Clinical & Diagnostic Research.

"Susuk atau jarum pesona (charm needles) adalah seni wajah dan tubuh (facial cum body art) yang banyak dipraktikkan di Malaysia, Brunei, Singapura, Thailand, dan Indonesia. Susuk adalah jimat logam kecil berbentuk jarum yang disisipkan di bawah kulit di berbagai bagian," ujar Arishiya dan Faraz.

Meski umum di Asia Tenggara, praktik susuk di berbagai belahan dunia lain sebetulnya sangat jarang. Sama seperti yang viral, susuk dalam jurnal juga diketahui lewat pemeriksaan radiologi. Pemasangan susuk bersifat rahasia atau hidden secret sehingga tidak akan dibocorkan pada publik.

Dikutip dari tulisan A mystical practice revealed on the radiograph: A case report and review, susuk awalnya hanya digunakan kalangan bangsawan untuk meningkatkan pesona pribadinya. Tulisan Ranjana Garg, dkk, dari SEGI University, Selangor, Malaysia, menjelaskan, susuk biasa dipasang di daerah yang disebut orofacial region meliputi rongga mulut, wajah, dan leher.

Susuk dimasukkan 'orang pintar' di jaringan halus tubuh pengguna dengan metode khusus. Jarum susuk yang digunakan biasanya memiliki panjang 5-10 milimeter dan diameter 0,5 milimeter. Susuk dimasukkan dengan sangat perlahan sehingga tidak meninggalkan bekas pada penggunanya.

Pemasangan susuk biasanya bergantung pada berbagai faktor pada diri pengguna dan lingkungan sekitar, yang dipercaya bisa meningkatkan efektivitasnya. Metode pemasangan susuk biasanya bersifat mistis dan sekilas terlihat tidak mungkin, misal didahului olesan minyak atau langsung ditelan.



Simak Video "Susuk Emas Masih Ngetren, 'Nanogold' Terus Diteliti"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA