Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 19 Sep 2020 16:20 WIB

TRAVEL NEWS

Restoran Ikan Fugu Bersejarah di Jepang Tutup untuk Selamanya

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Lukes Lobster
Foto: Zuboraya, restoran ikan fugu terkenal di Osaka (Wahyu Setyo/detikTravel)
Osaka -

Restoran ikan fugu yang sudah berusia 100 tahun di kota Osaka akhirnya tutup untuk selamanya. Restoran itu tutup gara-gara pandemi Corona.

Zuboraya, begitulah nama restoran yang menyajikan ikan fugu di kota Osaka, Jepang yang tutup tersebut. Restoran ini amat terkenal di kalangan wisatawan yang liburan ke Osaka.

Restoran tersebut pertama kali buka di tahun 1920. Itu artinya di tahun ini, usianya sudah mencapai angka 100 tahun. Angka yang sangat tua untuk sekelas restoran.

Namun sayang, di usianya yang ke-100 Zuboraya harus menghadapi kenyataan pahit bahwa mereka tidak akan bertahan lebih lama lagi. Restoran tersebut akan tutup untuk selamanya gara-gara pandemi Corona.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Minggu (19/9/2020), restoran yang diklaim sebagai restoran khusus ikan fugu pertama di Osaka ini menutup cabang utama mereka di Shinsekai. Tak hanya itu, cabang restoran ini yang berada di Dotonbori juga ikutan ditutup.

"Ada berbagai alasan mengapa restoran ini tutup. Saya minta maaf kepada semua orang yang telah mendukung kami," ujar Kepala Restoran Zuboraya, Ryuji Matsuda (72) seperti dikutip dari media Mainichi.


Untuk restoran cabang Dotonbori sudah ditutup sejak 8 April lalu, pun demikian dengan cabang utama di Shinsekai. Nah, ternyata restoran tersebut tidak tutup untuk sementara, melainkan untuk selamanya. Alasannya karena penjualan menurun dengan sangat drastis akibat adanya pandemi Corona.

Traveler yang pernah liburan ke Osaka pasti tahu restoran Zuboraya. Untuk sekedar mengingatkan, restoran ini punya ikon lampion berbentuk ikan fugu raksasa yang dipajang di depan restoran mereka.


Dengan tutupnya Zuboraya, kawasan Dotonbori akan kehilangan salah atu ikonnya. Salah satu warga Osaka pun merasa sedih dengan tutupnya Zuboraya.

"Ketika Anda memikirkan Osaka, lentera ikan fugu itu adalah hal pertama yang terlintas dalam pikiran. Sangat menyedihkan bahwa karena corona, restoran yang sudah mapan bisa tutup," pungkasnya.



Simak Video "Naik Kapal Pesiar Sambil Makan Masakan Jepang di Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA