Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 21 Sep 2020 19:15 WIB

TRAVEL NEWS

Hidden Gem di Indonesia Timur, Sudah Tahu Destinasi Wisata Ini?

Abu Ubaidillah
detikTravel
@myTrip_myAdvntr/Twitter
Foto: @myTrip_myAdvntr/Twitter
Jakarta -

Indonesia bagian timur dikenal memiliki segudang tempat wisata alam eksotis. Mulai dari Raja Ampat Papua, Taman Nasional Komodo, hingga Pantai Merah atau Pink Beach Labuan Bajo. Ketiganya merupakan destinasi wisata alam yang cocok bagi yang ingin berlibur #DiIndonesiaAja.

Alam yang masih asri, hamparan pantai dengan air laut yang jernih, biota-biota bawah air yang menarik, hingga fauna langka membuat kawasan wisata alam yang terletak di Indonesia bagian timur menjadi favorit wisatawan lokal dan mancanegara.

Namun Indonesia timur tak hanya terbatas pada destinasi-destinasi wisata alam yang populer itu saja, melainkan masih ada sederet tempat wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi dan menjadi hidden gem. Salah satunya adalah Pulau Mangiatan atau yang lebih dikenal dengan nama Pulau Sembilan.

Pulau yang terletak di kawasan Taman Nasional Komodo ini memang sangat unik dan berbeda dengan pulau-pulau lainnya. Bagaimana tidak, pulau ini memiliki bentuk seperti angka sembilan. Penyebutan nama Pulau Sembilan juga didasarkan pada bentuknya tersebut.

Uniknya lagi, Pulau Sembilan tidak tercipta dari tanah, melainkan dari terumbu karang yang mati. Meskipun tak ditumbuhi pepohonan, hamparan laut biru yang memukau di kanan dan kiri membuat hidden gem di Indonesia bagian timur ini layak dikunjungi.

Pulau Sembilan yang terletak tak jauh dari Labuan Bajo ini memiliki air yang sangat jernih. Para traveler bisa melihat biota-biota laut yang ada di dalam air dengan jelas. Salah satunya adalah ubur-ubur yang tak menyengat.

Jika para traveler ke sini, pasti akan menemukan ubur-ubur yang tak menyengat atau yang lebih dikenal dengan nama Stingless jellyfish di tengah lingkaran angka 9 pulau ini. Tempat ubur-ubur itu seperti di sebuah kolam renang berbentuk lingkaran dengan kedalaman maksimal sekitar 2 meter.

Ubur-ubur di tempat ini memang unik dan berpenampakan berbeda dari yang biasa. Koloni ubur-uburnya memiliki tentakel berwarna biru, hidupnya berada di antara ganggang yang juga hidup di kolam ini.

@myTrip_myAdvntr/Twitter@myTrip_myAdvntr/Twitter Foto: @myTrip_myAdvntr/Twitter

Selain dapat bermain bersama ubur-ubur tak menyengat, di pulau kecil ini para traveler juga dapat berbaring di hamparan terumbu karang mati dan menikmati teriknya matahari.

Tak hanya itu, Pulau Sembilan juga menjadi destinasi yang cocok untuk mengabadikan momen liburan dan mengunggahnya ke media sosial. Pulau Sembilan atau Pulau Mangiatan merupakan objek wisata tersembunyi yang menarik #DiIndonesiaAja.

Jadi, sudah siapkah Anda ke sana? Soal protokol kesehatan tak perlu dikhawatirkan, sebab Taman Nasional Komodo saat ini telah dibuka kembali, tepatnya sejak Juli 2020 dengan menerapkan Protokol Kesehatan Berwisata atau CHSE yang meliputi kebersihan, kesehatan, dan keselamatan.

Saat ini seluruh lokasi penyelaman dan daratan terbuka untuk umum. Traveler yang merupakan warga negara Indonesia atau warga negara asing yang sudah berada di Indonesia sejak Maret 2020 atau sebelumnya dipersilahkan untuk mengunjungi situs-situs tersebut dengan pertimbangan yang cermat.

Traveler juga diharuskan untuk selalu membawa hasil tes cepat/PCR (polymerase chain reaction) yang valid selama kunjungan ke Taman Nasional Komodo. Selain itu, selama berada di kawasan pengunjung wajib menggunakan masker.

Menjaga kebersihan destinasi wisata juga wajib untuk dilakukan. Hal itu selaras dengan pengembangan sustainable tourism atau wisata berkelanjutan di Indonesia. Pelanggaran yang dilakukan oleh pengunjung takkan ditolerir oleh pengelola.

Pihak Taman Nasional Komodo juga menganjurkan untuk melakukan pendaftaran online yang dapat diakses melalui registrasi.labuanbajoflores.id guna mendukung pencegahan penyebaran COVID-19 di Labuan Bajo dan sekitarnya.

Jadi, bagi Anda yang ingin liburan #DiIndonesiaAja, salah satunya dengan mengunjungi hidden gem di Indonesia Timur, yakni Pulau Mangiatan atau Pulau Sembilan, pastikan selalu mematuhi Protokol Kesehatan Berwisata yang ditetapkan ya!



Simak Video "Destinasi Favorit yang Akan Jadi Super Prioritas"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA