Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Sep 2020 13:10 WIB

TRAVEL NEWS

Cucu Inggit Garnasih Bantah Surat Nikah dan Cerai Presiden Sukarno Dijual

Yudha Maulana
detikTravel
Rumah INggit Granasih di Bandung
Foto: Rumah Inggit Garnasih (Agithyra Nidiapraja/d'Traveler)
Bandung -

Media sosial dibuat heboh dengan kabar dijualnya surat nikah-cerai Presiden Sukarno dan Inggit Garnasih lewat Instagram. Cucu Inggit Garnasih pun membantah.

Sebuah akun online shop di Instagram bikin heboh. Unggahan toko di Instagram itu menawarkan surat nikah Presiden Sukarno berikut surat cerainya dengan Inggit Garnasih.

Tayangan itu muncul di akun @popstoreindo, yang diketahui beralamat di Kota Bandung. Pada Rabu (23/9/2020), @popsotoreindo mengunggah foto dan keterangan yang bikin warganet berpolemik. Akun itu menawarkan barang yang disebut bernilai sejarah.

"Seorang bapak di Bandung menawarkan Surat Nikah dan Suat Cerai Asli Presiden pertama RI:Ir Soekarno & Ibu Inggit Garnasih. Beliau ternyata cucunya Ibu Inggit,"


"Saya kaget pas baca dokumen sangat bersejarah ini. Baru tahu juga yang jadi saksi cerainya Bung Karno dan Bu Inggit adalah Bung Hatta, Ki Hadjar Dewantara & KH. Mas Mansoer."

Terkait dijualnya dokumen surat nikah - cerai dari proklamator Indonesia itu mendapatkan bantahan dari Tito Asmarahadi. Tito merupakan cucu angkat dari Inggit, ia mendapatkan dokumen itu langsung dari Inggit pada 1982 dan menyimpannya hingga kini.

"Ada salah pengertian, itu adalah cerita beberapa tahun yang lalu. Tidak perlu dikomentari," ujar Tito singkat saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (24/9/2020).

Surat nikah SoekarnoSurat nikah Soekarno Foto: Instagram @popstoreindo


Seperti diketahui, Sukarno menikahi Inggit saat masih menjadi mahasiswa Technische Hoogeschool te Bandoeng, yang kini merupakan Institut Teknologi Bandung (ITB). Saat menikah, Sukarno berusia 13 tahun lebih muda ketimbang Inggit.

Waktu itu, Inggit Garnasih merupakan induk semang atau ibu kos Sukarno selama di Bandung. Setelah menikah selama 20 tahun, mereka akhirnya bercerai. Yakni, sekitar pertengahan 1943 atau dua tahun sebelum Indonesia merdeka dan Sukarno menjadi presiden RI. Dalam prosesnya, Sukarno kemudian menikah dengan Fatmawati.

(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA