Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 05 Okt 2020 18:00 WIB

TRAVEL NEWS

Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 Lengkap

Puti Yasmin
detikTravel
Proklamasi kemerdekaan
Foto: IPPHOS via Perpustakaan Nasional/Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 Lengkap
Jakarta -

Indonesia resmi merdeka pada 17 Agustus 1945 melalui pembacaan teks proklamasi. Sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia ditempuh dengan perjuangan yang sangat panjang. Seperti apa kisahnya?

Adapun, tokoh yang membacakan teks proklamasi adalah Ir Sukarno dan Mohammad Hatta. Mereka berdua pun ditetapkan menjadi presiden dan wakil presiden pertama Republik Indonesia.

Berikut sejarah kemerdekaan Indonesia dikutip dari buku 'Sejarah 3+' terbitan Quadra:

Sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia dimulai dari peristiwa Rengasdengklok yang terjadi pada 15 Agustus 1945. Kejadian itu menunjukkan adanya konflik antarkelompok golongan tua dan muda untuk menentukan waktu proklamasi.

Golongan tua berpendapat bahwa proklamasi kemerdekaan akan segera didapatkan. Sedangkan, golongan muda menilai proklamasi harus dilaksanakan mengingat Jepang telah menyerah terhadap sekutu.

Akhirnya, golongan muda memutuskan untuk mengamankan Sukarno dan Mohammad Hatta (golongan tua) ke Rengasdengklok. Alasannya, karena para pemuda menilai Sukarno dan Hatta adalah tokoh penting sehingga keselamatannya harus dijaga.

Kemudian, di tanggal 16 Agustus 1945, Sukarno dan Hatta akhirnya sepakat bersedia mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia. Dijemput oleh Ahmad Subarjo, mereka pun kembali ke Jakarta.

Rombongan tersebut akhirnya tiba di rumah Laksamana Maeda di Jalan Imam Bonjol No 1 dan melakukan perundingan. Di ruang makan Laksamana Maeda, tokoh-tokoh nasional berkumpul untuk merumuskan teks proklamasi kemerdekaan.

Adapun, tokoh yang berkumpul saat itu adalah Sukarni, Sudiro, B.M Diah, Ahmad Subardjo, Sukarno, dan Hatta. Teks proklamasi pun berhasil disetujui pada pukul 04.00 WIB dini hari.

Setelah itu, naskah proklamasi diserahkan kepada Sayuti Melik untuk diketik. Adapun, berikut isi teks proklamasi:

PROKLAMASI

Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempoh yang sesingkat-singkatnya.

Jakarta, 17-8-1945

Atas nama bangsa Indonesia

Soekarno/Hatta

Setelah pertemuan dini hari tersebut, Sukarni mengusulkan agar naskah dibacakan di Lapangan Ikada. Namun, Sukarno menilai pembacaan proklamasi lebih aman dilakukan di rumahnya di Jalan Pegangsaan Timur No 56.

Detik-detik proklamasi dilakukan pada tanggal 17 Agustus 1945, tepat pukul 10.00 WIB. Sukarno didampingi oleh Hatta pun membacakan teks proklamasi. Suasana rumah Sang Proklamator juga dipadati oleh sejumlah orang sebagai saksi.

Selain pembacaan teks proklamasi, di hari yang sama mereka juga mengadakan pengibaran bendera Merah Putih yang dijahit oleh Istri Proklamator, Fatmawati. Upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia pun selesai pada pukul 11.00 WIB.

Semoga sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia bisa menginspirasi kita ya!



Simak Video "Tulisan Teks Proklamasi Soekarno Sempat Dibuang di Keranjang Sampah "
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA