Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 11 Okt 2020 13:39 WIB

TRAVEL NEWS

Le Mans, Kota Penyelenggara MotoGP Prancis yang Ikonik

Sungai Sarthe di Kota Le Mans
Le Mans, kota MotoGP Prancis 2020 Foto: Getty Images/iStockphoto/Musat
Le Mans -

Para pebalap MotoGP hari ini akan bertarung memperebutkan podium di MotoGP Prancis yang diadakan di Le Mans Bugatti Grand Prix Race Circuit, Le Mans, Prancis.

Rider tim Petronas Yamaha, Fabio Quartararo, menjadi yang tercepat pada kualifikasi MotoGP Prancis 2020. Jack Miller dari Pramac Ducati menyusul di belakangnya.

Pada sesi kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Le Mans Bugatti, Sabtu (10/10/2020) malam WIB, Quartararo mencatatkan waktu 1 menit 31,315. Hasil tersebut sukses mengantarkannya merebut pole position MotoGP Prancis.

Buat para motorhead alias penggila kecepatan, kota ini sudah jadi kiblatnya balapan. Nama Le Mans sudah bersinonim dengan olahraga balapan itu sendiri. Le Mans memiliki balapan roda dua dan empat selama bertahun-tahun. Lomba ketahanan selama 24 jam menjadi lomba yang populer di sana. Mobil dipaksa bekerja keras dalam kecepatan tinggi tanpa henti selama 24 jam, pebalap membutuhkan fisik yang sempurna dan nggak boleh meleng agar selamat dalam balapan keras ini.

Mengutip berbagai sumber, untuk MotoGP, Le Mans pertama kali menggelar balapan pada tahun 1969, saat itu jagoannya Italia, Giacomo Agostini memenangkan balapan di kelas 500 cc dengan motor MV Agusta.

Le Mans sudah terbiasa menyajikan MotoGP sejak tahun 2000. Sementara dari sisi pebalap, pebalap Prancis yang bertarung di MotoGP antara lain Johann Zarco, Christian Sarron, Olivier Jacque, Arnaud Vincent, Guy Bertin, Randy de Puniet dan Mike Di Meglio.

Le Mans sendiri merupakan sebuah kota di barat daya Paris dengan jumlah penduduk 150.000 orang. Ada sungai Sarthe River membelah kota yang sering jadi memanjakan mata traveler di sana. Kota yang elegan dengan pantai yang cantik yang bisa dijangkau dengan 2 jam berkendara dari pusat kota.

Jangan lupa saksikan balapan MotoGP Prancis. Pebalap akan ngegas pukul 14.00 WIB nanti dengan balapan kelas utama dimulai pukul 18.00 WIB.

Infografis MotoGP Prancis 2020Infografis MotoGP Prancis 2020 Foto: Infografis detikSport


Simak Video "Bayang-bayang Hat-trick Jatuh Rossi Jelang MotoGP Aragon"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA