Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 14 Okt 2020 23:13 WIB

TRAVEL NEWS

Unsur-unsur Negara: Pengertiannya dan Contohnya Lengkap

Puti Yasmin
detikTravel
ilustrasi hukum
Foto: Dok.detikcom/Unsur-unsur negara: Pengertiannya dan Contohnya Lengkap
Jakarta -

Setiap negara tentu terbentuk berdasarkan beberapa unsur. Tanpa adanya unsur unsur negara, suatu wilayah tidak dapat dikatakan sebagai negara yang berdaulat.

Definisi umum tentang negara adalah suatu daerah teritorial yang rakyatnya diperintah oleh sejumlah pejabat dan yang berhasil menuntut dari warga negaranya ketaatan pada peraturan perundang-undangan melalui penguasaan monopolistis dari kekuasaan yang sah. Pengertian unsur unsur negara adalah bagian-bagian yang menjadikan negara itu ada.

Berikut unsur-unsur negara menurut para ahli sebagai berikut:

Dikutip dari buku 'Ilmu Negara' karya Dr Agussalim Andi Gadjong, contoh unsur negara, yakni (1) harus ada rakyat, (2) harus ada daerah, dan (3) harus ada pemerintahan yang berdaulat. Ketiga unsur tersebut dikenal sebagai unsur konstitutif.

Selain itu, kini ada pandangan lain tentang unsur negara, seperti (4) harus ada pengakuan negara lain tentang kedaulatan negara tersebut. Unsur ini disebut dengan nama unsur deklaratif.

Menurut Konferensi Pan-Amerika pada tahun 1933 di Montevideo, unsur-unsur konstitusi negara sebagai pribadi Hukum Internasional adalah (a) penduduk yang tetap, (b) wilayah tertentu, (c) perintah, dan (d) kemampuan mengadakan hubungan dengan negara-negara lain.

Kemudian, menurut Muchtar Affandi, keempat unsur tersebut merupakan keharusan mutlak adanya sehingga harus lengkap. Apabila salah satu unsur tidak ada, maka negara juga tidak ada karena tidak menjadikan suatu negara merdeka.

Pasalnya, kedaulatan merupakan kekuasaan tertinggi dari negara terhadap orang-orang maupun organisasi yang berada di batas-batas wilayah negara dan kebebasan negara dari suatu kekuasaan yang berada di luar negara tersebut. Kedaulatan ini lah yang merupakan salah satu unsur pembeda antara negara dengan organisasi masyarakat lainnya.

Nah, jangan lupa unsur-unsur negara di atas ya!



Simak Video "BNPP Buat Pelatihan untuk Pengenalan Batas Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA