Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Okt 2020 23:35 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Dipercantik, Nepal van Java Tutup Sementara

Eko Susanto
detikTravel
Dusun tertinggi di Magelang, mirip seperti di Nepal
Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang -

Pengelola Wisata Dusun Butuh 'Nepal Van Java' yang berada di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menutup sementara tempat wisata itu. Penutupan sementara tersebut dilakukan untuk melakukan berbagai perbaikan.

Pengumuman penutupan sementara Wisata Dusun Butuh 'Nepal Van Java' tersebut tertuang dalam surat edaran No: 02/NJV_Bth/X/2020. Dalam SE disebutkan bahwa kegiatan Wisata Dusun Butuh 'Nepal Van Java', penutupan sementara terhitung mulai Senin 19 Oktober 2020 sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan. Pengumuman penutupan sementara ini diunggah dalam akun instagram @nepal_van_java.

"Untuk Nepal Van Java, kita tutup sementara karena ada penataan. Kemudian, untuk memberikan akses masyarakat untuk persiapan tanam musim ini," kata Setiyono, Ketua Pengelola Wisata Dusun Butuh Vepal Van Java dalam pesan singkatnya, Kamis (22/10/2020).

Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Foto: Eko Susanto

Sementara itu, Kepala Dusun Butuh, Lilik Setiyawan menambahkan, penutupan sementara Nepal van Java ini dilakukan karena ada beberapa kerja bakti masyarakat. Kemudian, penataan, penertiban dan penyesuaian tiket masuk. Penutupan sementara ini sampai batas waktu yang belum ditentukan.

"Penutupan sementara karena ada beberapa kerja bakti masyarakat, penataan, penertiban dan penyesuaian tiket masuk," ujarnya.

Sekadar diketahui Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, merupakan dusun tertinggi yang berada di Kabupaten Magelang. Dusun ini berada di sekitar 1.62 mdpl, persis berada di lereng Gunung Sumbing.

Perkampungan penduduknya mirip dengan di Nepal sehingga keberadaan dusun ini sempat viral dengan sebutan Nepal Van Java. Semenjak viral tersebut, para pengunjung dari berbagai daerah berdatangan untuk melihat pemandangan alam yang indah dan berfoto-foto dengan latar belakang perkampungan.



Simak Video "My Trip My Adventure: Sepedaan di Nepal Van Java Magelang"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA