Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Okt 2020 07:09 WIB

TRAVEL NEWS

Sahara yang Gersang Ternyata Punya Miliaran Pohon!

Bonauli
detikTravel
Pohon di Gurun Sahara
Pepohonan di Gurun Sahara (Martin Brandt)
Jakarta -

Siapa yang tidak kenal dengan Sahara? Gurun gersang ini ternyata punya banyak pohon, lo!

Kelompok peneliti internasional berhasil menghitung jumlah pohon satu persatu di kawasan barat laut Afrika. Meski tak ada hutan, tapi dari penelitian diketahui ada banyak pohon tumbuh terpisah di gurun.

Dilansir dari BBC, kawasan Gurun Sahara yang dihitung berukuran 1,3 juta km persegi. Peneliti ini diketuai oleh Martin Brandt dari Unversitas Kopenhagen, Denmark.

"Sebagian besar pohon berada di Sahel (zona perbatasan di Afrika). Ada ratusan juta pohon di Sahara sendiri," kata Brandt.

Brandt menambahkan bahwa kawasan yang diteliti hanya 20 persen dari wilayah Sahara dan Sahel. Dari hasil penelitian itu dicatat ada 1,8 miliar pohon ada di sana!

Data ini jauh lebih tinggi dari perkiraan.

"Perkiraannya sekitar satu sampai tiga per hektare di kawasan sangat tandus Sahara. Terdengar tak banyak, namun jumlahnya lebih banyak dari yang kami perkirakan," dia menjelaskan.

Kelompok ilmuwan ini mencakup para pakar dari badan antariksa Amerika Serikat, NASA, badan penelitian ilmiah Prancis, CNRS dan Pusat Ekologi Dakar di Senegal. Mereka melakukan penelitian dengan menggunakan foto-foto dengan resolusi tinggi melalui satelit yang biasanya digunakan untuk keperluan militer dan industri.

Pohon di Gurun SaharaPeta Pohon di Gurun Sahara Foto: (Martin Brandt)

Penghitungan pohon di Gurun Sahara menggunakan lebih dari 11.000 foto dari wilayah yang diteliti. Kemudian, direkam melalui empat satelit dari perusahaan swasta Digital Globe, milik badan intelijen Amerika Serikat, bagian dari kementerian pertahanan.

Jangan salah, para ilmuwan akhirnya memutuskan untuk menerapkan sistem yang dapat secara akurat mengindentifikasi antara pohon dan semak-semak.

"Saya sendiri secara manual menghitung satu kawasan dengan hampir 90.000 pohon," katanya

Para peneliti juga mengatakan tidak semua pohon di kawasan itu dihitung dan hanya dibatasi pada pohon-pohon dengan rata-rata lebar bagian atas 12 meter persegi.

"Pohon-pohon di kawasan tandus selalu ada. Pohon-pohon itu sangat penting untuk kehidupan dan berfungsi untuk membuat tanah subur dan juga untuk tempat berlindung manusia dan hewan," ujar Brandt.

"Pohon-pohon juga bisa menghasilkan dan penting untuk gizi," dia menambahkan.

Meski fungsinya lebih kecil untuk menyerap karbondioksida dari atmosfir, Pohon-pohon di Gurun Sahara dikatakan penting untuk orang-orang yang tinggal di sana.



Simak Video "Melihat Lucunya Musang Afrika, Prigen"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA