Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 29 Okt 2020 10:46 WIB

TRAVEL NEWS

Maulid Nabi, Nama Muhammad Gratis Masuk Curug Cipeuteuy Majalengka

Bima Bagaskara
detikTravel

Halaman 1 dari 2

Wisata Curug Cipeuteuy Majalengka
Wisata Curug Cipeuteuy Majalengka (Bima Bagaskara/detikTravel)

Majalengka -

Banyak cara dilakukan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau yang lebih dikenal dengan Maulid Nabi pada 12 Rabiul Awal. Seperti yang dilakukan Curug Cipeuteuy di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Pihak pengelola wisata Curug Cipeuteuy memiliki 'tradisi' untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Tiap tahunnya. Curug Cipeteuy menggratiskan tiket masuk bagi pengunjung yang memiliki unsur nama Muhammad. Hal itu juga berlaku pada Maulid Nabi tahun ini.

"Bulan Maulud ini merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, jadi khusus tanggal 29 sampai 31 Oktober bagi pengunjung yang bernama Muhammad baik itu nama awal, tengah maupun akhir kami berikan graris tiket," kata Salikin ketua koperasi Cipeuteuy Agung Lestari kepada detikTravel Kamis (29/10/2020).

Tidak ada syarat khusus bagi pengunjung yang memiliki nama Muhammad untuk bisa gratis masuk ke wisata Curug Cipeuteuy ini. Pengunjung bernama Muhammad hanya perlu menunjukkan tanda pengenal seperti KTP atau SIM.

Wisata Curug Cipeuteuy MajalengkaWisata Curug Cipeuteuy Majalengka (Bima Bagaskara/detikTravel)

Hal-hal seperti itu memang rutin dilakukan pihak pengelola Curug Cipeuteuy yang berada di Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. Misalnya pada momen bulan Safar dimana pengelola menyediakan bubur sura gratis kepada pengunjung yang datang.

"Rutin kami selenggarakan, tergantung momen peringatan apa di bulan tersebut, misalnya bulan kemarin (safar) kami sediakan gratis bubur sura. Itu dilakukan untuk memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga alam dan budaya," lanjut Salikin.

Curug Cipeuteuy sendiri merupakan salah satu ikon objek wisata alam yang berada di kawasan konservasi Gunung Ciremai dan menjadi primadona untuk dikunjungi wisatawan terutama pada momen libur cuti bersama saat ini.

(rdy/rdy)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA